Transportasi di Delft

Bersepeda Ria
Belanda itu dikenal sebagai negara dengan populasi kepadatan sepeda/penduduknya terbesar di dunia. Jadi tidak heran kalau kita melihat jumlah sepeda lebih banyak daripada jumlah mobil. Pemandangan tempat parkir sepeda yang berjejer dan berdesak-desakan juga pasti sering dijumpai di sini.

Sepertinya sepeda itu adalah kendaraan yang wajib kita miliki. Berjalan-jalan di dalam kota Delft paling nyaman dengan mengendarai sepeda. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, tiba di tempat tujuan dengan cepat dan berolahraga gratis. Kekurangannya, hati-hati saja kalau ada angin kencang atau salju (seperti bulan Januari 2007), dijamin hanya orang-orang yang mempunyai kepiawaian dalam menantang angin yang bisa bertahan.

Kalau kita belum bisa mengendarai sepeda, tidak perlu malu. Banyak juga orang-orang dewasa di sini yang belum bisa bersepeda. Oleh karena itu di Belanda ada juga sekolah mengendarai sepeda. Seperti sekolah menyetir mobil, tapi ini khusus untuk sepeda. Kalau mau tau lebih lanjut, coba klik ini www.wielerschool.nl.
Untuk mencari sepeda, ada banyak toko yang bisa kita kunjungi, tergantung kita mau beli sepeda baru atau bekas. Oh ya, kalau beruntung, kita bisa mendapat sepeda warisan dari pelajar yang sudah selesai masa studinya dan ingin kembali ke Indonesia. Toko-toko sepeda yang bisa dikunjungi :

– Life-Cycle Fietsen Delft
– Stunt
– Mexicohof (belakang stasiun Delft) dan di Recycle Delft (van Bleyswijckstraat 79, 2613RR Delft, 015-2131464). Kedua-duanya khusus menjual sepeda bekas.
– Wijtman Tweewielers (www.wijtman.nl).
– ANWB (www.anwb.nl).
– Halfords (www.halfords.nl).
– Koos Cloosterman Delft (Schrobbelaarstraat 34, 2613ML Delft, 015-2145056). Bengkel sepeda yang juga menjual sepeda bekas. Sepeda-sepeda yang dijual disini dapat dilihat di http://www.cloostermanfiets.nl.
– Bang Patar
www.facebook.com/bike.delft
phone : +31619786076
pin blackberry : 2625DEB7
yahoo messenger : wow_nih
email : cheap.bike.delft@gmail.com

Kita juga harus mentaati aturan-aturan bersepeda. Contohnya: Mengendarai sepeda tetap pada lajur sepeda dan jangan lupa menyalakan lampu sepeda (lampu depan dan belakang) jika hari mulai gelap. Lampu yang digunakan juga tidak musti lampu di sepeda. Kita bisa saja membeli lampu tambahan, dan kita pasang di punggung (kerah baju) dan di depan. Harga lampu ini kira-kira 5 euro. Denda kalau tidak pakai lampu sebesar 20 Euro.

Satu hal yang wajib ditekankan ketika membeli sepeda adalah kualitas gembok sepeda yang digunakan. Pencurian sepeda di Belanda sudah sangat umum, jadi sangat disarankan untuk membeli gembok sepeda yang kualitas nya bagus, seperti gembok dengan rantai yang besar. Karena umumnya, gembok-gembok dengan rantai yang tipis akan sangat mudah digunting. Harga gembok yang bagus kira-kira 8 euro – 15 euro.

Bus dan Tram
Kalau bosan naik sepeda, bisa juga sekali-kali merasakan naik bus atau tram. Masuk bus dengan teratur, tidak berdesak-desakan, tidak ada copet dan jadwal keberangkatan bus/tram yang jelas membuat kita nyaman untuk berkendaraan umum di negeri Belanda.
Isi tentang OV Chipkaart

Mobil Pribadi
Punya mobil pribadi di Delft juga sah-sah saja. Sayangnya, SIM Indonesia tidak berlaku di sini. Yang artinya kita harus siap-siap mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM Belanda (Rijbewijs). Walaupun kita sudah terbiasa mengendarai mobil di Indonesia, tetep saja kita harus mengikuti sekolah nyetir di sini, ambil pelajaran minimal 40 jam. Mengapa? Karena selain kita diajarkan teknik-teknik menyetir yang baik, kita juga diberi tahu peraturan-peraturan lalu lintas di Belanda, yang notabene sangat berbeda dengan di Indonesia, apalagi di Belanda menggunakan stir kiri. Setelah kita merasa siap, kita dipersilakan untuk mengikuti ujian teori dan praktik. Kalau beruntung, bisa lulus dalam 1 kali ujian. Sebagai info, biaya sekolah menyetir (plus ujian teori dan praktik) lebih mahal daripada harga 1 mobil bekas layak pakai.

Di bawah ini adalah daftar sekolah menyetir mobil di Delft:
1.    Rijschool Delft (www.rijscholen-delft.nl)
2.    Verkeerschool JAN (www.rijschool-jan.com)
3.    www.rollerbank.nl

Satu lagi yang harus diperhatikan kalau punya mobil di Belanda, harga bahan bakar dan parkir mobil/ jamnya relatif mahal.

Kereta Api
Kereta merupakan alternatif utama sebagai transportasi untuk mengunjungi kota-kota di Belanda (atau kota-kota di negara tetangga seperti Belgia atau Jerman). Di Delft sendiri, terdapat dua stasiun kereta yaitu Delft Station (stasiun utama) dan Delf-Zuid Station.
Jenis jenis kereta
Ada tiga macam kereta di Belanda, yaitu Intercity, Sneltrein dan Stoptrein. Yang membedakan antara ketiga tipe kereta ini adalah stasiun-stasiun pemberhentiannya. Tidak ada perbedaan kualitas kereta antara Intercity, Sneltrein dan Stoptrein. Tidak seperti perbedaan kualitas kereta di Indonesia. Intercity adalah kereta yang tercepat karena dia hanya berhenti di kota-kota besar saja. Sneltrein berhenti di kota-kota besar dan juga beberapa stasiun di kota-kota kecil, sehingga lebih lambat dari Intercity. Stoptrein adalah kereta yang paling lambat karena kereta ini berhenti disetiap stasiun yang ia lewati.

Untungnya kota Delft dianggap sebagai salah satu kota yang penting dan strategis (karena banyak nya pelajar di kota ini), sehingga hampir semua kereta pasti berhenti di Kota Delft. Untuk lebih pastinya, sebelum berangkat sebaiknya di cek jadwal-jadwal kereta yang ada. Untuk pengecekan jadwal pasti ada di setiap stasiun. Kereta Belanda, sepengalaman saya sangat tepat waktu. Selain itu, jika ingin merencanakan perjalanan, bisa juga menggunakan website www.92920v.nl agar mengetahui rute/waktu perjalanan yang tepat. Untuk website khusus kereta api,tersedia website khusus yaitu, www.ns.nl

Cara membeli tiket
Untuk itu disediakan alternatif kedua yang jauh lebih praktis yaitu mesin tiket. Mesin ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai stasiun kereta. Mesin ini menyerupai mesin ATM dengan warna Biru/Kuning dan logo NS (Nederlandse Spoorwegen), yaitu perusahaan kereta api di Belanda. Untuk menggunakan mesin ini, kita bisa menggunakan kartu ATM atau koin. Semua mahasiswa akan diberikan kartu ATM ini oleh Bank yang dirujuk oleh universitas. Untuk simulasi penggunaan mesin ini, bisa dilihat di link berikut http://ppidelft.net/index.php?option=com_weblinks&catid=30&Itemid=23

Jenis tiket
Jenis tiket yang terdapat yaitu Single/Enkele Reis (satu arah), Day Return/Dagretour (bolak-balik) dan Weekend-retour (Kartu akhir pekan). Untuk Single hanya berlaku satu arah. Untuk Day Return, tiket kereta berlaku untuk satu hari, dan bisa dipergunakan sebanyak mungkin asal masih dalam hari dan trayek yang sama . Dan untuk Weekend Return, tiket kereta berlaku mulai dari Jumat malam hingga hari Minggu, pulang pergi, dan bisa dipergunakan sebanyak mungkin asal masih dalam hari – hari dan trayek yang sama

Harga Tiket
Untuk harga tiket, terdapat dua tipe. tipe yang pertama adalah Full price, dimana kita membayar harga full. Yang kedua adalah Discount price dimana kita membayar tiket dengan potongan harga 40%. Untuk mendapatkan harga diskon ini, kita harus membeli Discount card (Korting kaart) di loket stasiun seharga 50-55 euro. Discount card ini berlaku untuk satu tahun dan 1 Discount card bisa digunakan untuk 4 orang, dengan syarat pemegang kartu harus termasuk.

Validasi Tiket
Untuk validasi tiket ada dua pilihan. yang pertama adalah Valid Today (vaandag geldig), yaitu tiket hanya berlaku di hari pembelian. Pilihan kedua adalah Open Ticket, yaitu ticket dapat digunakan di hari selain hari pembelian. Tapi untuk Open ticket ini, kita harus menstempel sendiri di mesin yang tersedia di peron seandainnya tiket tersebut mau dipergunakan.

Pemeriksaan
Di dalam kereta juga ada pemeriksaan tiket yang bersifat random. Untuk itu siapkanlah tiket anda dan discount card jika anda membeli tiket dengan discount price. Tiket yang Open Date juga harus distempel sebelum naik ke kereta. Jika anda ternyata tidak membawa tiket/tidak distempel, maka, jika anda sial, bertemu dengan pemeriksa karcis, anda dapat di denda sekitar 37 euro.

Pintu Kereta
Oh iya, kereta di Belanda tidak terbuka secara otomatis pintunya. Jika tidak ada yang menekan tombol, maka pintu tidak akan terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

What is 6 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)