Pelatihan LaTeX PPI Delft

 

c272826d-6a57-4d4b-9261-189a2ae72628

 

Delft, 16 Desember 2016

Pada hari Jumat 16 December 2016, Divisi Pendidikan dan Kajian Ilmiah PPI Delft mengadakan pelatihan software LaTeX. Pelatihan LaTeX ini diberikan oleh Atindriyo Kusumo Pamososuryo, mahasiwa pasca-sarjana yang sedang menempuh pendidikan di tahun kedua pada program studi Systems and Control, TU Delft. Atindriyo juga dibantu oleh William Suriana, Muhammad Faris, serta Alfian Rachmat Akbar yang juga sedang menempuh program studi yang sama dengan Atindriyo. Pelatihan yang diikuti oleh 21 peserta dari berbagi fakultas ini berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. Tampak juga antusiasme yang tinggi dari para peserta pelatihan. Pelatihan ini pun disiarkan secara langsung sehingga dapat diikuti oleh peserta yang tidak dapat datang ke tempat pelatihan. Selain streaming, materi latihan juga didokumentasikan pada channel youtube berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=MdCkzoRYCzk

Selain itu, materi pelatihan dapat diunduh pada link berikut ini

http://bit.ly/traininglatex

 

Apa itu LaTeX dan mengapa LaTeX begitu penting bagi para akademisi?

LaTeX adalah perangkat lunak open-source yang dapat membantu untuk menyiapkan dan menulis dokumen ilmiah dan teknis. LaTeX memiliki bebera keunggulan dibanding software sejenis lainnya seperti Microsoft Word. Pertama, LaTeX membolehkan pengguna untuk fokus pada kualitas konten dokumen ketimbang format dan hal detil lainnya seperti font dan warna tulisan. Kedua, LaTeX juga memudahkan pengguna untuk mengatur citasi dan bibliografi. Ketiga, perangkat lunak ini sangat robust untuk menangani dokumen yang kompleks dan besar. Hal ini diperjelas oleh Gambar 1. Keunggulan yang ke-empat dan terakhir, LaTeX merupakan perangkat lunak yang gratis! Namun disamping keunggulan tersebut, LaTeX menuntut pengguna untuk menggunakan sedikit bahasa pemrograman untuk memberikan instruksi. Adanya learning curve yang sedikit curam di awal penggunaan LaTex inilah yang mendasari adanya pelatihan ini.

 

capture

Gambar 1 Perbandingan MS Word dan LaTex; Sumber: http://www.pinteric.com/miktex.html

 

Dengan terlaksananya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat menulis laporan, thesis dan juga tugas lainnya dengan lebih efisien.

 

3338c6e1-d145-4c89-9807-0d6d2c8d02e0 5772a255-170c-415f-86be-75ffabc0558e