Mie Ayam + Bakso Wonogiri

MIE AYAM + BAKSO WONOGIRI

oleh: Dwi Hartono

 

 

 

MIE AYAM WONOGIRI (6 ETCS)

A Credit to: My mother.

Resep ini saya ketahui sewaktu saya membantu ibu saya menyiapkan bumbu dan membantu beliau jualan mie ayam sewaktu saya masih SMA hingga kuliah, dan sampai sekarang beliau masih berjualan untuk mengisi waktunya. Resep ini untuk pembuatan mie ayam dalam jumlah banyak, bahkan bisa buat jualan. Hasil akhir kira-kira seperti yang dijual sama street vendor di Indonesia.

Ada 2 bagian utama: pembuatan minyak bumbu (minyak sayur) dan memasak ayam.

Kali ini untuk ayam dipersiapkan untuk sekitar 20 porsi, sedangkan minyak bumbu bisa digunakan untuk lebih banyak lagi, jadi akan ada banyak sisa jika hanya dibuat 20 porsi.

Bagian 1: Resep dan metode pembuatan minyak bumbu

BAHAN:

  • 1 liter minyak goreng
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 15 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah (besar, kalo pakai yang kecil gunakan 10 siung)
  • 2 batang sereh
  • 4 batang daun bawang
  • 1 ruas kunyit (sebesar kelingking)
  • 1 ruas laos (sebesar 2 jempol tangan, bisa diganti dengan 1 sendok makan laos bubuk)
  • 1 ruas jahe (sebesar jempol tangan)
  • 1 sendok makan merica bubuk (peres /tidak full)
  • 5 lembar daun salam

Langkah Pembuatan:

  • Haluskan ketumbar dan kemiri dan potong-potong bahan lainnya (bawang merah & putih, daun bawang, jahe, kunyit, sereh) untuk mempermudah penghalusan bumbu.
  • Giling semua bumbu tersebut (kecuali daun salam) menggunakan chopper.

  • Biasanya pada proses ini bahan-bahan tersebut agak susah halus.
  • Untuk mempermudah penggilingan bumbu sehingga didapatkan hasil yang halus, masukkan minyak goreng sekitar 2 sendok makan.

  • Goreng bumbu halus di dalam 1 liter minyak goreng, masukkan sedikit demi sedikit agar tidak meluap.
  • Goreng sampai bumbu mengering dan berwarna kecoklatan.

  • Saring minyak untuk memisahkan bumbu goreng (ampas) tadi dengan minyaknya. Setelah minyak dingin, simpan Minyak akan dipakai sebagai minyak sayur (minyak bumbu) sedangkan bumbu dalam botol.
  • Goreng (ampas) digunakan untuk memasak ayam.

 

Bagian 2: Memasak Ayam

BAHAN:

  • 1 dada ayam fillet
  • 4 potong paha ayam lengkap (atas-bawah)
  • 1 kotak jamur merang ( champignon) berat 400 gram, boleh lebih atau kurang sesuai selera
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan merica bubuk
  • Daun bawang, daun jeruk
  • Bumbu goreng dari proses pembuatan minyak sayur. Jika lain kali tidak sedang membuat minyak sayur sehingga bumbu goreng ini tidak tersedia maka bisa digunakan minyak sayur sebanyak 7 (lima) sendok makan.

Langkah Pembuatan:

  • Potong-potong ayam ukuran dadu sekitar 1 cm dan jamur merangnya

  • Bumbu goreng (ampas) sebagai bahan dasar untuk bumbu ayam.
  • Rebus bumbu goreng dalam 1 liter air sekitar 15 menit.

  • Saring hasil rebusan bumbu tersebut, ambil airnya dan buang ampasnya.
  • Masukkan potongan ayam dan jamur terlebih dahulu. Aduk rata 5-10 menit, kemudian masukkan potongan daun bawang dan daun jeruk.

  • Terakhir, masukkan merica bubuk, gula pasir, garam, kecap manis dan saus tiram. Rebus hingga asat (kurang tahu bahasa Indonesia-nya).
  • Inilah hasil akhirnya.

 

BAKSO WONOGIRI (3 ETCS)

Resep dan metode pembuatan bakso

BAHAN UNTUK 1 KALI GILINGAN (1/4 kg daging):

  • 1/4 kg daging tanpa lemak (bisa daging sapi, ayam, atau ikan)
  • Sekitar 50 gr tepung tapioka (= 3 sendok makan full)
  • 2 siung bawang putih
  • Putih telur dari 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam (peres)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Penyedap secukupnya, sedikit aja (bisa pakai kaldu blok atau vetsin (= 1/2 sendok teh))
  • Sekitar 25 cc air es/dingin (= 2-3 sendok makan), kalau kurang nanti bisa ditambahkan saat penggilingan, sedikit demi sedikit.

  • Potong-potong daging kecil-kecil untuk memudahkan penggilingan.
  • Masukkan semua bahan bakso ke dalam chopper ini (daging potong, putih         telur, garam, potongan bawang putih, merica bubuk, penyedap/kaldu, air es).

  • Tutup, pasang motornya dan giling sampai halus. Coba jalankan chopper sekitar 1 menit dahulu dan cek. Jika adonan terlalu kaku tambahkan air es sedikit demi sedikit dan giling lagi. Hasil akhir seperti gambar diatas.
  • Siapkan air hangat/panas dalam panci yang akan digunakan untuk merebus bakso.
  • Jangan lupa cuci tangan sampai bersih. Ambil adonan pakai tangan kiri sementara tangan kanan pegang sendok.
  • Celupkan/basahi sendok dengan air dingin agar adonan tidak lengket ke sendok (dilakukan setiap adonan terasa nempel di sendok) sewaktu membentuk bulatan bakso.Remas (“diplotot” kata orang Jawa) adonan yang di tangan kiri tadi dan ambil dengan sendok, adonan yang keluar dari lingkaran yang terbentuk oleh jari telunjuk dan jempol. Untuk langkah ini diperlukan pembiasaan agar bentuk bakso bisa bulat.
  • Masukkan bakso tadi ke panci berisi air hangat yang telah disiapkan, lakukan sampai semua adonan telah menjadi bulatan.
  • Rebus bakso. Diperlukan waktu sekitar 10-15 menit dari saat air mendidih sampai bakso matang. Sebenarnya bisa ditandai dari mengapungnya bakso sebagai pertanda telah matang.

Catatan: pada proses perebusan ini akan terbentuk buih-buih di permukaan air, buang buih-buih ini menggunakan sendok agar air rebusan tidak meluap­luap. Air sisa rebusan bakso bisa dimanfaatkan untuk kuah.

  • Angkat dan tiriskan.
  • Jika bakso yang dibuat dirasa terlalu banyak untuk dikonsumsi sekali, setelah bakso dingin bisa dilakukan penyimpanan dengan memasukkan dalam plastik (gunakan plastik bening agar tidak bau) dan kemudian masukkan ke freezer. Asal pembekuannya baik bisa tahan lebih dari seminggu. Saat akan mengkonsumsinya kembali cukup rendam dengan air hangat sampai lunak kembali, dan rebus lagi dalam kuah bakso.

 

PENYAJIAN MIE AYAM + BAKSO WONOGIRI (1 ETCS)

Bumbu untuk 1 porsi makan

  • 2 sendok makan minyak sayur dari proses di atas.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh kecap manis.
  • 1/4 sendok teh vetsin (bagi yang tidak suka bisa tidak memakainya).

  • Rebus mie kuning: segala mie telor bisa dipakai. Untuk di Belanda yang cukup cocok adalah Chinese Eirenmie buatan Conimex. Hasil terbaik akan didapatkan jika menggunakan mie basah, dan untuk itu tersedia Mie Ramen (ada di Xotus (Oriental group), buatan Singapore dan ada label halal-nya), tapi harganya lebih mahal.
  • Kemudian tiriskan.

  • Aduk semua bumbu dalam mangkok/piring sementara mie direbus.
  • Campurkan mie dengan bumbu dalam mangkok/ piring.
  • Tambahkan ayam dan bakso di atasnya dan tambahkan sekitar air yang tersisa di rebusan ayam untuk mendapatkan kuah yang gurih.
  • Tambahkan sayuran, bisa: sawi, pakcoy atau kol. Tambahkan bawang goreng. Jika suka tambahkan pula irisan daun bawang.
  • Untuk kuah bisa menggunakan air kaldu atau air putih biasa yang mendidih secukupnya.
  • Bagi penggemar makanan pedas bisa ditambahkan sos sambal, atau hasil ulegan cabe merah.

Inilah hasil akhir Mie Ayam + Bakso Wonogiri

Note:

Bumbu minyak (minyak sayur) biasanya berlebih. Bisa disimpan untuk membuat mie ayam berikutnya sehingga tidak perlu menyiapkan bumbu seperti proses di atas lagi. Untuk memasak ayam, bumbu goreng (ampas dari pembuatan minyak sayur) bisa diganti dengan bumbu minyak tersebut.

 

SELAMAT MENCOBA!!!

 

Resep sederhana hadapi Flu

Di pergantian musim seperti bulan Februari- Maret ini, banyak sekali rekan-rekan yang terserang penyakit flu: pusing, batuk-batuk, dan bersin.

Resep sederhana berikut ini dapat dengan mudah dibuat dan diterapkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan mengembalikan kesegaran dan kesehatan. Resep ini bersumber dari guru penulis. Dan siapa saja dapat menerapkannya.

Bahan-bahan dan Proses Pembuatan:

– 1 cangkir teh Turki (+/- 150-200ml) Fresh Garlic (Bawang Putih segar), peras sari(juice)- nya

– 1 cangkir teh Turki (+/- 150-200ml) Fresh Ginger (Jahe segar), peras sari(juice)- nya

– 1 cangkir teh Turki (+/- 150-200ml) Fresh Onion (Bawang Bombay segar), peras sari(juice)- nya

– ketiganya dicampur dengan 1 toples Madu Murni [0.5 -1 kg].

Diminum 1 sendok makan 2-3 x sehari. Baik untuk meningkatkan immunitas tubuh, juga baik untuk
pernafasan dan lain-lain.

Buat yang Muslim akan lebih afdhal bila dilengkapi:
1. Baca Ihda’, menghadiahkan pahala bacaan surat Al-Fatihah, buat Nabi, ahli bayt,
sahabat, serta para Awliya’ Allah (Kekasih Allah).
2. Iringin pembuatan ramuan dengan gumaman istighfar dan salawat di mulut dan di hati.
3. Semua proses dilakukan dalam keadaan berwudhu’

Testimonial dan Tambahan dari pengalaman-pengalaman pribadi:

– Jika khawatir akan pengaruh ke bau mulut, dapat dibuat versi “lebih ringan”, yaitu dengan membuat teh dengan rebusan jahe, bawang bombay, bawang putih, madu. Minum air rebusannya. Untuk menambah rasa, boleh dengan teh atau gula. Minum dalam keadaan hangat. Insya Allah, badan lebih segar.

– Di email sebelumnya sudah dikatakan bahwa takarannya 1 sendok makan, 2-3 kali sehari.  Guru kita pernah berkata bahwa resep tradisional semacam ini tidak mempunyai efek samping, walaupun proses pengobatan atau penyembuhannya agak lama, kita perlu bersabar.  Saya sendiri biasanya minum 1sendok makan kalau flu.  Saya yakin resep ini sangat berkhasiat, apalagi dengan doa dari Guru kita. Insya Allah akan cepat sembuh penyakitnya.

– Dianjurkan pagi dan malam menjelang tidur……. Tapi saya setiap saat.. apalagi kalau batuknya gak berhenti, atau pada saat riak gak mau keluar-keluar, Minumnya satu sendok makan saja…… terus minum air hangat. Saya minumnya gak pake aturan … abisnya enak.. sedikit pedes-pedes jahe  … tahan bau bawang aja ..sebentar. Kayaknya orangtua gak masalah… di resep di bilang kalau anak2
bisa dicampur dengan teh hangat….

– Alhamdulillah saya juga sudah buat. Saya tidak pakai juicer, krn takut terlalu sedikit bahan tidak keluar airnya. Jahe, bawang putih, dan bawang bombay saya parut pakai parutan kelapa biasa, yg diatasnya terlebih dahulu diberi alas daun pisang. Setelah lembut saya peras pakai kain. Ternyata airnya lumayan banyak. (do’a mengikuti petunjuk dalam tetap kondisi belum batal wudlu). Saya tambahkan madu sumbawa yang baru petik dari hutan, LUAR BIASA rasanya, badan langsung hangat.

SEMOGA BERMANFAAT!

Dedy Wicaksono

Terong Masak Kecap

oleh: Marwan Wirianto

Jo, gw mau bagi resep nih. Resep mudah, murah dan enak secara kan kita anak kost-an. hehehe..  met nyoba yah

Bahan-bahan:

– 1 buah terong
– 1 siung bawang putih dikeprek
– 1 bagian bawang bombay
– garam, gula dan kecap secukupnya
– minyak goreng untuk mengoreng dan menumis

Cara membuat:

– Belah terong dua memanjang, dan kemudian dipotong kecil menyerong
– Rendam dalam air garam, selama kurang lebih 15 menit
– Goreng potongan terong hingga setengah matang dan sedikit layu, lalu angkat
– Tumis bawang puting, bawang bombay hingga harum
– Masukkan terong yang sudah digoreng tadi
– Tambahkan garam, gula dan kecap secukupnya
– Tambahkan sedikit air dan masak hingga matang

Nasi Hainan

oleh: Anggara Rhabenta

Pendahuluan

Nasi Hainan adalah salah satu menu terfavorit di far east Asia. Di Singapore mereka menyebutnnya hainanese chicken rice. Di Indonesia kita menyebutnnya nasi Hainan tampa menambahkan embel – embel “chicken“ ditengahnya, menu ini pun cukup terkenal. Di Jakarta nasi Hainan dapat dinikmati di beberapa Food court di mall – mall besar khususnya Mall kelapa gading 1, Mal puri indah dan Mal taman angrek Slipi. Seandainnya anda suka berburu jajanan yang otentik, silahkan berkunjung ke pasar petak Sembilan di dekat jalan kemurnian I di daerah Old Batavia. Di tempat yang juga sering disebut the old pecinan from old Batavia ini kita bisa menikmati beragam makanan khas dari asia timur jauh.

Set default nasi Hainan biasannya dilengkapi dengan kukusan ayam putih dan kuah kaldu ayam. Di Singapore, telor asin dan jeroan babi sangat lazim digunakan sebagai lauk tambahan.

Bahan-bahan

  • Minyak goreng
  • Minyak wijen
  • Kecap asin
  • Kecap ikan ( direkomendasikan merk cap ikan merah )
  • Beras
  • 2 siung Bawang putih
  • 2 buah Jahe
  • Garam secukupnya
  • Merica secukunya
  • Bawang daun secukupnya
  • Daun ketumbar secukupnya
  • 6 buahCabe
  • Cuka secukupnya
  • Ayam ( secukupnya )
  • 250 gram Ceker ( kaki ayam )
  • Cuka ( secukupnya )

Lalapan

  • Ketimun
  • Tomat
  • Daun ketumbar

Ayam

Baluri ayam dengan campuran Jahe, minyak wijen, minyak dan garam. Diamkan selama 40 menit

Didihkanlah air, garam dan gula. Rebus ayam yang tadi ke dalam air yang sudah mendidih ( usahakan sampai tengelam ). Setelah berubah warna, kecilkan api sekecil mungkin, tutup panci dan biarkanlah direbus dengan api kecil selama 30 menit. Setelah kaldu ayam keluar, angkat ayam tersebut ( Kuah Kaldu jangan dibuang ) dan ayam bisa dipotong – poting dengan bentuk memanjang ( disuwir-suwir ). Ayam yang sudah disuwir-suwir dapat dibalur kecap asin ( kecap asin cap ikan merah sangat direkomendasikan ) dan minyak wijen. Ayam suwir ini siap disajikan. Simpan air kaldunya ( Kaldu A ).Rebuslah kaki ayam ( Ceker ) dan simpan kaldu nya ( kaldu B )

Nasi Hainam

Tumis lah bawang putih dengan minyak goreng ( 1 sdm ) dan minyak wijen ( 1 sdm ) hingga wangi. Kemudian masukkan jahe hingga aroma khan jahe tercium. Simpan tumisan ini ( Tumisan A )

Pertama beras ( jangan beras suriname ) dicuci dengan bersih sampai airnya menjadi bening. Buang air beras. Masukkan kuah kaldu A, Kaldu B dan tumisan A ke dalam beras ( sisakan 30% nya untuk kuah) . Seandainnya jumlah air dirasa kurang, silahkan tambah dengan air tawar. Masukkan jahe segar, minyak wijen, merica dan garam secukupnya pada beras. Beras siap dimasak. Seandainnya sudah matang bisa ditambah kecap asin dan minyak wijen secukupnya. Nasi hainam siap dihidangkan.

Sambal

Rebus cabe rawit hingga matang. Cabe rawit yang sudah direbus diulek sampai halus dengan bawang putih ( cukup satu butir ) kemudian tambahkan cuka sesuai selere. Sambal khas siap dihidangkan

Saus Jahe

Tumis jahe sampai harum. Tambahkan kaldu, masak sampai mengental. Angkat. Saring 50 ml, tambahkan kecap ikan, aduk rata.

Kuah

Rebus sisa kaldu A dan B. Tambahkan merica secukupnya serta potong daun bawang sekecil mungkin. Tambahkan ke dalam kuah ( Daun bawang jangan direbus teralu lama ). Labu siam dapat ditambah ke dalam kuah ini.

Tips :

  • Ceker dapat dimasak saus kecap sehingga bisa dijadikan kudapan ketika menikmati nasi hainam
  • Copotkan daun ketumbar dari batangnya. Tambahkan daun ketumbah disaat penyajian. Sayat batang daun bawang ( yang aga putih ) sayat sehalus mungkin sehingga keriting. Sayatan daun bawang ini dapat disajikan mentah pada saat makanan disaji.
  • Pilihlah ayam yang segar dan tidak berwarna

Nasi Hainan dapat disajikan. Menu ini sangat cocok untuk makan malam. Mak nyusssss. Selamat menikmati dan mencoba.

Kangkung Cah Seafood

oleh: Marwan Wirianto

Ehmm,… waktu tadi pagi ngobrol dengan nenek gw, Jo. Dia ngasih resep mudah, cepat dan enak. Katanya sih kangkung cah seafood. Mau nyoba buat nga? nanti bagi gw yah kalau udah jadi.

Bahan-bahan:

– 1 ikat kangkung
– seafood (udang, cumi-cumi, atau kerang)
– 1 sdm saus tiram
– 1 siung bawang putih dikeprek
– garam dan gula secukupnya
– minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

– Tumis seafood hingga agak sedikit matang
– Masukkan bawang putih dan sau tiram
– Masukkan kangkung, garam dan gula, masak sebentar hingga kangkung sedikit layu
– Hidangkan selagi panas

Sambal Goreng

oleh: Marwan Wirianto

Jo, kemarin gw dapet resep sambel goreng dari nenek gw. Tapi ini bener-bener sambel loh, bukan sambel ati sambal goreng udang.  Lumayan enak loh.. nih gw bagi resep nya yah. Ehmmm… tapi hati-hati jangan kebanyakan makan sambel, katanya sih bisa sakit perut… hehehe

Bahan-bahan:

– 5 buah cabe merah/hijau besar (bisa dicampur kalau mau)
– 5 buah cabe rawit merah/hijau (kalau mau lebih pedas, tambahkan aja cabe ini)
– 2 buah tomat
– 3 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 buah jeruk limo
– daun salam
– daun jeruk
– sereh di memarkan
– terasi secukupnya
– garam dan gula secukupnya
– minyak goreng untuk menumis (biar banyak supaya lebihmantap)

Cara membuat:

– Cabe, dan tomat direbus, kemudian di hancurkan (bisa di tumbuk atau di blender saja biar cepat)
– Haluskan bawang merah dan bawang putih
– Tumis terasi dan bawang yang sudah dihaluskan hingga harum
– Masukkan cabe yang sudah dihaluskan, dau salam, daun jeruk, dan sereh
– Tambahkan garam, dan gula secukupnya, masak hingga matang
– Tambahkan air peras-an jeruk limo