Kopi Delft: Facebook – The Internship

Delft – Perhimpunan Pelajar Indonesia di Delft (PPI Delft) kembali melakukan diskusi rutin pada tanggal 20 Februari 2018 dalam kegiatannya yang bernama Kolokium Pelajar Indonesia (KOPI) Delft. Sedikit berbeda dengan topik-topik diskusi sebelumnya, Mohammad Riftadi, master student dari Computer Science, TU Delft berbagi pengalamannya saat menjalani internship sebagai network engineer di salah satu perusahaan raksasa di dunia, Facebook. Di awal sesi, Riftadi menjabarkan definisi, jenis-jenis, dan keuntungan internship. Internship adalah bekerja dalam periode waktu dan perusahaan tertentu. Terdapat dua macam internship menurut Riftadi, yaitu: (1) Research based yang sesuai bagi yang berminat untuk mellanjutkan PhD, e.g. ETH Zurich menawarkan research internship yang main assignment-nya adalah membuat paper; (2) Industry based yang sesuai bagi yang berminat untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah menyeleasikan masa kuliah. Keuntungan dari melakukan internship adalah: (1) Menambah pengalaman kerja; (2) Menambah pendapatan; (3) Melatih kemampuan Bahasa; dan (4) Memberikan perspektif baru yang dapat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri yang bersangkutan.

Setelah menjelaskan mengenai internship secara general, Riftadi menceritakan pengalaman pribadinya saat mencari peluang dan proses internshipnya selama tiga bulan di Facebook. Untuk perusahaan seperti Facebok, aplikasi prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Website Facebook careers for students and grads. Rata-rata pendaftaran untuk internship ditutup di akhir tahun sebelumnya. Tapi terkadang masih ada posisi yang masih dibuka di bulan Februari dan Maret.
2. Isi form & upload CV
3. Dihubungi oleh recruiter
4. Technical screening
5. Technical interviews oleh engineer yang akan kerja bersama dengan kita. Interview ini berkaitan dengan teknis per domain dan dalam format live coding interview.
6. Internship offer (location, duration, salary, logistics, transport, housing).

Riftadi menjabarkan bahwa sebelum memulai proses internship di kantor cabang Dublin, setiap engineer harus menjalani orientation period ang dilakukan di Facebook London selama tiga hari. Setelah orientasi selesai, setiap intern di-assign satu manajer (mentor) dan ditugaskan untuk mengerjakan satu project. Di Facebook, project deskripsi adalah setiap intern diberikan satu masalah yang harus diselesaikan dengan mandiri. Meskipun tidak ada instruksi secara eksplisit, standar pekerjaan yang dihasilkan tetap harus sesuai dengan standar tinggi yang dimiliki oleh Facebook. Selama project berlangsung, intern tidak diperbolehkan untuk bertanya kepada manajer yang telah di-assign kepada mereka; melainkan harus bertanya kepada sesama engineer. Di Facebook tidak ada jam kerja yang ditentukan oleh perusahaan. Komposisi internship sebagai engineer adalah 10% meeting, 10% designing, dan 80% coding. Evaluasi pekerjaan intern dilaksanakan dua kali, yaitu mid evaluation dan final evaluation yang dinilai oleh rekan kerja.

Untuk akomodasi yang diberikan kepada intern adalah satu apartemen yang digunakan bersama dengan satu roommate. Namun bila sudah berkeluarga, 1 apartment akan dialokasikan hanya untuk intern dan keluarganya.

Di KOPI kali ini, Riftadi juga membagikan beberapa fun facts yang ditemukan saat menjalani internshipnya di Facebook, yaitu:

1. Kantor FB dimanapun lokasinya memiliki model interior dan furnitur yang selalu sama.
2. Kafetaria memiliki tema yang berbeda setiap harinya
3. Selalu tersedia requestable dietary yang akan difasilitasi untuk semua karyawan tanpa terkecuali.
4. Di tiap lantai ada micro-kitchen, kulkas yang berisi minuman dan snack.
5. Terdapat monitor di micro-kitchen yang menampilkan foto personil yang faceversary (work anniversary pegawai yang sudah bekerja satu tahun, dua tahun, tiga tahun, dst.)
6. Terdapat ruang entertainment untuk pegawainya.
7. Terdapat 8 orang Indonesia yang sudah bekerja di FB Dublin!
8. Semua Facebook versi Beta digunakan secara internal oleh staff Facebook.

Di akhir sesi, Riftadi juga memberikan informasi mengenai career path di Facebook. Terdapat dua kategori, yaitu individual contributor, yang memiliki kelas E3-E10, dan management. Untuk fresh-graduate memulai karir di facebook dari kelas E3. Satu hal yang unik dari sistem human resource yang dimiliki oleh Facebook adalah setiap staff dapat berpindah dari individual contributor ke management, dan sebaliknya. Hal ini memberikan keleluasaan kepada staff untuk mencoba hal yang baru dalam karirnya.