Sharing Session – “Indonesia is calling you back home”

Oleh : PPI Delft

Delft – 2 Juli 2016.
Pada hari Sabtu 2 Juli 2016, PPI Delft bekerja sama dengan Monroe Consulting mengadakan sharing session bertemakan Indonesia Memanggil. Sharing yang dilakukan di Gedung UNESCO IHE ini berlangsung interaktif dan membahas tentang kesempatan untuk berkarya di tanah air selepas kelulusan. Tina Nugraheni, selaku Technology Division Head dari Monroe Consulting Group Indonesia, memaparkan bahwa kondisi Indonesia saat ini memiliki potensi dalam segi makro ekonomi. Hal ini dapat terlihat dari pendapatan perkapita Indonesia yang berada di atas India, meskipun masih di bawah China. Hal ini dapat juga terlihat dari semakin banyaknya investor yang percaya akan pertumbuhan sektor teknologi tanah air dan tak ragu menanamkan modalnya, khususnya di segi digital .

Di lain pihak, pesatnya pertumbuhan sektor digital Indonesia sayangnya belum dibarengi dengan ketersediaan tenaga kerja terlatih di bidang ini. Tina menambahkan bahwa Indonesia hanya memiliki 10% rasio pekerja terlatih terhadap jumlah populasi, dan ini merupakan rasio terendah di antara negara Asia Tenggara. Bahkan, dipaparkan bahwa menurut riset, Indonesia diprediksi hanya akan dapat memenuhi sekitar 50% dari apa yang dibutuhkan oleh industri. Oleh karena itu, saat ini merupakan saat yang tepat bagi para penggiat teknologi untuk kembali dan berkarya di Indonesia, baik sebagai entrepreneur ataupun sebagai tenaga ahli.

Tidak hanya memberikan suntikan semangat baru kepada para pelajar di Delft untuk kembali ke Indonesia, namun Tina juga memberikan gambaran akan ekspektasi industri terhadap lulusan luar negeri serta tips & trik dalam menulis Curriculum Vitae dan menghadapi wawancara kerja. Sebagai penutup, para pelajar di Delft, yang mayoritas berlatar belakang sebagai engineer, diberikan informasi akan kesempatan berkarir di bidang rekrutmen konsultansi bersama Monroe Consulting Group dan di beberapa perusahaan klien rekanan kerja dari Monroe Consulting Group.

monroe session