KOPI Delft Espresso 2

Selamat sore kawan-kawan PPI Delft sekalian.

Kabar gembira di akhir pekan: Akan kembali hadir KOPI Delft Espresso, sebuah acara yang mempertemukan teman-teman dengan para pakar dari Indonesia yang siap membagikan pengalaman. Siap-siap menyimak sajian rangkap dari Bapak Ir. Gerard Pichel dan Prof. Dr. Ir Ronald Waterman mengenai pendekatan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir Jakarta, dan membangkitkan kembali kejayaan ‘Jayakarta’ di masa silam.

KOPI Delft Espresso 2 akan dilaksanakan pada

Hari/Tanggal : Kamis, 4 Desember 2014
Jam : 17:00-19:00
Lokasi : Ruang B1, Unesco-IHE

Paruh pertama KOPI Delft Espresso kali ini akan diisi oleh Bapak Ir. Gerard Pichel, seorang Hydraulic Engineer dengan pengalaman lebih dari 35 tahun di bidang Water Management. Bapak Gerard Pichel, yang saat ini bekerja di perusahaan konsultan Royal HaskoningDHV, sudah terlibat di berbagai proyek di berbagai belahan dunia, termasuk di antaranya Afrika, Nepal, Bangladesh, dan tentunya Indonesia. Dalam kesempatan kali ini Bapak Pichel akan mengajak kita berdiskusi mengenai tantangan penanggulangan banjir di Jakarta. Menurutnya, Jakarta telah memiliki Masterplan penanganan banjir sejak 40 tahun lalu, namun kenyataannya banjir Jakarta masih terus terjadi. Karena itu, beliau mengajak kita mendiskusikan tantangan-tantangan yang muncul dalam usaha penanggulangan banjir ini, termasuk di antaranya aspek sosial seperti penggusuran pemukiman liar di bantaran sungai,  sosialisasi kebijakan pemerintah, dan aspek teknikal seperti rancangan hidrolis sungai, rancangan bangunan air tepi sungai, serta pengelolaan sampah dan air limbah. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan mari ikut berkontribusi memberikan solusi untuk masalah ini!

Paruh kedua acara akan diisi oleh koleh Bapak Gerard Pichel, yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. Ronald Waterman yang menawarkan solusi baru untuk mengatasi banjir Jakarta dengan memanfaatkan alam dan lingkungan. Metode ini, yang juga dikenal dengan ‘Waterman-method’, menawarkan banyak keunggulan dibanding metode-metode yang telah ada sebelumnya: biaya yang lebih murah, ramah lingkungan, desain yang selaras dengan alam sehingga lebih sustainable, keanekaragaman hayati yang turut meningkat, serta kebutuhan resource yang lebih sedikit karena alamlah yang akan banyak bekerja. Ingin tahu lebih banyak tentang Waterman-method yang dimaksud? Pastikan datang ke KOPI Delft Espresso 2 dan berdiskusi bersama!

Sebagai persiapan menghadiri KOPI Delft Espresso kali ini, silakan unduh pengantar presentasi keduanya di tautan berikut ini:

FINAL ABSTRACT CERAMAH GERARD PICHEL DAN RONALD WATERMAN 4 DES 2014