KOPI Delft – 2

Kabar gembira untuk kita semua, KOPI Delft kini kembali tiba! Masih dengan format sebelumnya, KOPI Delft kali ini hadir dalam format ManiSC dan PaHiD, yang menghadirkan kombinasi pemateri perwakilan MSc dan PhD.

Kombinasi pemateri kali ini bukan hanya dari jenjang akademik saja, tetapi juga dari bidang yang ditekuni. Adalah Agung Purniawan, PhD Microelectronics, dan Rihan Handaulah, mahasiswa MSc Engineering, Policy, and Analysis yang akan mengisi KOPI Delft kali ini. Kombinasi yang menarik!

Jadi jangan lewatkan KOPI Delft – 2, yang akan diadakan pada
Hari: Jumat, 11 Juli 2014
Jam: 17:00-19:00
Tempat: Gedung EWI lantai 1, Poelzaal 36-LB 01.220

Sebelumnya, mari kita simak bersama profil pembicara dan materi yang akan dibawakan kali ini:

Pembicara pertama kita adalah Agung Purniawan, PhD TU Delft di bidang Microelectronic, yang juga dosen di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Pada kesempatan kali ini, Agung akan memaparkan hasil risetnya yang berjudul “Colon-surgery leakage diagnostic using an evanescent waveguide sensor”. Dalam risetnya, Agung mengembangkan sebuah sensor optikal yang dapat digunakan untuk mendiagnosa kondisi paska operasi usus besar. Caranya dengan mendeteksi jumlah bakteri E.Coli menggunakan gelombang evanescent. Metode ini menghemat waktu diagnosa dibandingkan metode lainnya, seperti metode manual, clinical, dan biological. Ingin tahu bagaimana sensor ini bekerja? Mari datang dan berdiskusi bersama!

Pembicara kedua kita adalah Rihan Handaulah, mahasiswa MSc di program studi Engineering, Policy, and Analysis. Rihan yang sebelumnya juga pernah berkuliah di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) ini akan memaparkan hasil risetnya yang cukup berbeda dari latar belakang pendidikan sebelumnya di ketenagalistrikan. Dalam risetnya kali ini yang berjudul “Inequality and economic growth in Indonesia, 1989-2013”, Rihan membahas tentang kesenjangan ekonomi di Indonesia akibat distribusi pendapatan yang tidak merata. Akan sangat menarik tentunya untuk menyimak sarjana Teknik Elektro yang berbicara tentang Gini Ratio. Belum pernah mendengar tentang Gini Ratio sebelumnya? Jangan khawatir, langsung datang dan cari tahu di KOPI Delft-2!

Jadi, catat baik-baik waktunya, dan jangan lupa datang ke acara KOPI Delft hari Jumat, 11 Juli 2014 pukul 17:00!