KOPI DELFT – 1

Hadir Kembali KOPI DELFT!!!! Ajang silaturahmi, dan unjuk gigi divisi Ilmiah PPI-D yang menampilkan topic-topik hangat dan menarik untuk diperbincangkan, dan tentu saja, berbau ilmiah 😀

Kapan dan Dimana?

Jum’at/ 9 Mei 2014
17.00 – 19.00
Di EWI lt.1 ruang meeting Timmanzaal 36-LB 01.170
Mekelweg 4, 2628 CD  Delft

Weits,,Tunggu dulu!!  Ada yang berbeda dengan KOPI Delft kali ini. Mau tau Kenapa??

  1. Ini adalah KOPI Delft Perdana dalam masa periode kepemimpinan Yudha – dan Budi, sebagai Kadiv Ilmiah.
  2. Akan ada 2 pembicara di KOPI Delft kali ini.  Jadi akan ada dua topik yang dibawakan oleh pembicara berbeda.

Yuks kita simak kilasan materi dan profil pembicara kali ini:

# Sosok pertama yang akan berbagi wawasan adalah Mas Dieky, kandidat doctor di Delft Center for Systems and Control, yang juga dosen ITS ini akan memaparkan mengenai Penerapan model max-plus ke jaringan kereta api di Indonesia. Hmm.. interesting, karena ada hubungannya dengan perkeretapian di Indonesia.

Tapi sebelumnya mari kita tilik makhluk apakah ini “model max-plus”?? Max-plus adalah sebuah model yang digunakan untuk sinkronisasi dan penjadualan. Model ini sudah diaplikasikan di jaringan transportasi, sistem produksi dan robot. Dan model max-plus ini juga sudah diterapkan pada jaringan kereta api di Belanda, yang sudah sama-sama kita rasakan disini.

Yuks kita ramai – ramai datang ke KOPI DELFT ini. Mari kita diskusikan dan untuk yang mempunyai pertanyaan terpendam mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan penerapan model ini ke jaringan kereta api di Indonesia, seperti:

– keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan model max-plus
– data yang dibutuhkan untuk membuat model max-plus

 

# Pembicara kedua adalah Yudha Prawira Pane, yang tidak lain merupakan ketua PPID 2014-2015. Beliau akan memaparkan mengenai: Aplikasi Sistem Kontrol pada Formula Student Electric. Apa itu Formula Student Electric?? Ini merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Institution of Mechanical Engineers (IMech). TU Delft diwakili oleh tim DUT Racing, telah berpartisipasi sejak tahun 2001 dan beberapa kali memenangkan kompetisi. Dibalik prestasi yang berhasil diraih oleh team DUT Racing, terdapat sistem kontrol yang cukup kompleks untuk menjaga agar mobil tetap stabil dengan performa yang optimal.

Pada kesempatan ini Yudha akan membagi pengalamannya bekerja sebagai control engineer di tim DUT racing. Cocok kali ni bagi yang penasaran dengan proses riset, desain dan produksi mobil formula student DUT 14. Selain itu akan dibahas juga peran sistem kontrol dalam memenangkan DUT Racing.

Datang biar ga penasaran.. bisa nanya2 dan diskusi langsung mengenai hal ini.

Simpan tanggal dan tempatnya:

Jum’at/ 9 Mei 2014
17.00 – 19.00
Di EWI lt.1 ruang meeting Timmanzaal 36-LB 01.170.
Mekelweg 4, 2628 CD  Delft

Leave a Comment