Pengurusan Visa ke UK

Untuk konferensi yang saya hadiri di UK, saya mengurus visa ke UK dengan pertama-tama menelusuri situs ini.

Setelah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan, maka saya mengisi formulir online dengan sekaligus membayar (harus lewat kartu kredit) sebesar GBP 95 supaya saya bisa mendapatkan dokumen aplikasi yang bisa dicetak. Setelah saya cetak dokumen aplikasinya, saya lalu mengajukan appointment ke Worldbridges, lembaga yang ditunjuk UK Border Services. Appointment harus dilakukan online disini. Lokasi terdekat bagi pelamar di Netherlands ada di Dusseldorf.

Waktu appointment dengan Worldbridges bisa kita atur. Saya dulu pilih hari Kamis, sekitar jam 10.30, karena waktu ini ideal (versi saya) dan terkejar kereta api yang paling pagi ke Dusseldorf dari Utrecht. Bisa dicek lebih lanjut untuk jadwal kereta.

Silakan login dengan nomor dokumen aplikasi (dari dokumen yang sudah kita cetak) ke situs mereka. Lalu mereka akan menyediakan slot hari, tanggal dan jam (per 15 menit, teorinya). Tetapi yang paling penting adalah jangan lebih dari satu bulan setelah tanggal aplikasi (ada di dokumen), karena jika waktu appoinment lebih dari satu bulan maka aplikasi (beserta dokumennya) akan hangus dan kita harus mendaftar ulang dengan prosedur yang sama, alias bayar lagi deh!!!.

Pada hari H, di kantor worldbridges ini, kita akan masuk dan tetap saja antri cukup lama dari waktu kita appoinment. Maka saya sarankan spare waktu cukup untuk kereta kembali dari Dusseldorf. Di kantor ini kita akan diminta bukti appointment (dicetak dari aplikasi online), dokumen aplikasi (yang sudah dicetak), dan semua persyaratan (termasuk undangan dari panitia atau sanak saudara). Untuk yang masuk UK dengan urusan pribadi, nampaknya bukti bank account juga diminta (ini pengalaman teman).

Saya dulu ngecek di situs UK border services, bahwa keperluan seminar atau conference perlu dilengkapi dengan bukti undangan panitia dan surat yang menyatakan bahwa univ kita membiayai (sponsorship). Tetapi teman saya, karena membawa istrinya, diminta bukti bank account juga. Mungkin alasannya adalah bahwa kita nggak akan merepotkan pemerintah UK karena bawa uang sendiri,..kali aja ya!!!

Paspor asli akan ditahan oleh mereka dan kita akan diberi surat yang menyatakan bahwa paspor asli kita sedang diproses UK border service.

Setelah itu kita akan diminta membayar uang sebesar 34 euro untuk mengirim kembali paspor dan visa (yang sudah tertempel) dengan kurir. Jika tidak mau metode ini, bisa datang kembali ke Dusseldorf untuk mengambil paspor dan visa. Nantinya di sana akan diminta masuk ruangan kecil untuk diambil biometri kita (sidik jari dan foto). Setelah ini selesai dan tinggal menunggu Visa disetujui atau tidak.

Saya dulu juga bertanya, setelah proses di kantor worldbridges selesai, berapa lama proses keluarnya visa ini, dan mereka menjawab sekitar 2 minggu. Proses bisa ditrack secara online karena kita diberi tracking code. Kiriman (biasanya) lewat DHL, dengan kategori special document. Paspor dan visa saya dikirimkan ke Sekretariat Microlab CITG dan datang tepatnya 17 hari. Teman saya datang lebih dari 3 minggu ke rumahnya di Rijswijk. Untuk waktu, dari 5 orang pelamar visa di section saya, rekor tercepat adalah 2 minggu persis,…(kami memang sengaja ngitung bersama-sama). Total waktu pengurusan saya 3 minggu.

*berdasarkan pengalaman Senot Sangadji

Leave a Comment