KOPI Delft – 1/10/10

Minggu ini akan ada KOPI Delft. Kami dari tim penyelenggara mengundang teman-teman hadir.

Tanggal:  1 Oktober 2010

Jam: 16.00 – 18.00

Lokasi: Room F – EWI – TUDelft

Pembicara: Yugi Sukriana, MSc

Topik: Fakto Non-Teknologi dalam berTeknologi

Pengantar :

Menengok teknologi dari samping: faktor-faktor non-teknologi dalam berTeknologi

Oleh: Yugi Sukriana

Sains dan Teknologi diyakini sementara -arus utama- kalangan sebagai faktor utama yang berpengaruh dalam pembentukan sendi-sendi kehidupan modern. Tak heran, jika banyak anak-anak muda yang tergolong pandai, mempelajari sains dan teknologi dengan berbagai macam motivasi untuk eksis di dalam dunia modern tersebut, dari mulai motivasi pragmatik-individualistik(*) untuk bisa ‘hidup’ dari kemampuan sains dan teknologi, maupun motivasi idealistik-sosialitik(**) yang meyakini bahwa teknologi yang dia geluti akan memberikan dampak positif kepada masyarakat baik itu pada tataran lokal maupun global. Perubahan dan kemajuan yang sangat cepat yang kita saksikan bersama setelah introduksi sebuah teknologi kedalam masyarakat memperkuat keyakinan bahwa sejumlah masalah sosial bisa diselesaikan dengan teknologi. Namun apakah hanya itu narasi tentang teknolgi? Bisakah sebuah teknofak (artefak teknologi) secara inherent bersifat sosial, kultural, ekonomikal atau bahkan politikal? Pada Kopi Delft kali ini, saya mengajak kita semua mendiskusikan teknologi dari beragam sudut pandang, tidak hanya dari ‘dalam’, dimana kita semua sebagai insinyur dilatih untuk itu, tetapi juga dari ‘samping’, untuk memunculkan berbagai kemungkinan tentang sifat-sifat lain yang ¾barangkali¾ dimiliki oleh teknologi.

(*) mohon untuk tidak ditafsirkan secara negatif

(**) mohon juga untuk tidak ditafsirkan secara terlalu positif/heroik

Untuk kawan-kawan angkatan baru, KOPI Delft adalah acara diskusi dwi-mingguan PPI Delft. Di sini kita bisa sharing pengetahuan, diskusi masalah teknologi, sosial, art. Topiknya bisa masalah teknis maupun diskusi yang level kebijakan. Semua kita diskusikan secara informal sambil ber-snack ria. Termasuk topik yang akan dipresentasikan oleh kawan kita Yugi. Kita akan diskusikan masalah-masalah non-teknis dalam teknologi.

So.. kita tunggu Jumat besok, kumpul-kumpul… di tunggu yach..

o ya.. karena tanggal 1 Oktober besok hampir tepat 1 tahun sejak penetapan batik sebagai warisan budaya oleh UNESCO (harusnya 2 Oktober ;p) sekaligus memperingati hari Kesaktian Pancasila (yg ini maksa ;p), kami berharap sekali teman-teman hadir dengan pakaian Batik.

Salam,

a.n Tim Kajian Ilmiah

Leave a Comment