KOPI Delft 15

Dear Teman2 PPI Delft,

Mengingat tgl 27 nov Insya Allah akan bertepatan dengan Idul Adha, serta ketersediaan waktu pembicara, Maka KOPI Delft ke 15 akan diadakan Jumat ini, tgl 20 Nov 2009.

Kali ini kita mengundang peniliti Indonesia yg saat ini bekerja di NLR (Nationaal Lucht- en Ruimtevaartlaboratorium). Dr.Ir. Bambang Soemarwoto akan berbagi pengalamannya selama bekerja di lembaga riset NLR.

Tempat dan waktu : Gedung 3ME, lecture Room E (Robert Hooke). jam 16:00 s/d 18:00. Ayooo datang, biar acara KOPI lebih semarak lagi.

Salam

Kuncen KOPI Delft.

Abstrak: Sejak tangis pertama saat manusia dilahirkan hingga hembusan nafas di akhir hayatnya, udara dengan setia memenuhi syarat-syarat kehidupan jasad manusia, dari detik ke detik, dari jaman ke jaman. Walaupun demikian, kita sering tidak menyadari betapa besar peranan udara dalam kehidupan dan peradaban umat manusia. Wajar saja, karena udara tidak bisa dilihat wujudnya, tidak kasat mata, sehingga kita cenderung mengabaikannya. Karena itu pula mengenal sifat-sifatnya tidaklah mudah.

Udara merupakan medium yang dapat membangkitkan fenomena dengan kekuatan yang dahsyat. Kekuatan yang di satu keadaan dapat bermanfaat bagi umat manusia, tetapi dalam keadaan lain justru membawa musibah. Presentasi akan berkisar pada ulasan berdasarkan pengalaman dalam mencoba mengenal perilaku udara, mengaturnya, menyalurkannya, memberinya penampakan, yang sebagian besar disajikan dalam konteks
penelitian berkaitan dengan ilmu dan teknik penerbangan.

Untuk membawa dimensi Indonesia ke dalam kolokium, akan disinggung juga beberapa perkembangan di Indonesia yang sempat teramati, sambil membahas kemungkinan apa saja yang dapat dijajaki untuk memperbaiki suasana riset dan akademik di tanah air.

Leave a Comment