Undangan Kolokium PPI Delft (KOPI Delft) 6

Dear Rekan-rekan PPI Delft,

Mengakhiri musim KOPI Delft pertama sebelum break ujian, KOPI Delft ke-6 ini akan menampilkan pembicara tamu dari Enschede, Dr Husin Alatas, yang juga adalah Kepala Divisi Fisika Teori, Departemen Fisika, Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kebetulan sedang melakukan penelitian di Belanda ini.

Judul yang akan dibawakan adalah (abstrak dapat dilihat di bawah email):

Desain dan Fabrikasi Sensor Konsentrasi Gula dalam Tebu Berbasis Kristal Fotonik Satu Dimensi: Sebuah Upaya Membangun dari Teori hingga Realisasi di Indonesia

Untuk itu hadirilah acaranya pada
Hari/tanggal: Jumat, 6 Maret 2009
Pukul: 16:00 – 17:30 CET
Lokasi: Zaal J, Faculty of 3ME, TU Delft, Mekelweg 2, 2628 CD Delft, the Netherlands (tempat yang sama dengan KOPI Delft 5)

Kopi Delft kali ini merupakan penutup dari rangkaian KOPI delft yang diselenggarakan oleh kepengurusan sebelumnya, sekaligus juga mengkahiriri rangkaian KOPI delft musim pertama sebelum jeda ujian, Kopi Delft selanjutnya akan dimulai lagi bulan April insya Allah.

Salam,

a.n Tim KOPI Delft.

===================

Desain dan Fabrikasi Sensor Konsentrasi Gula dalam Tebu Berbasis Kristal Fotonik Satu Dimensi: Sebuah Upaya Membangun dari Teori hingga Realisasi di Indonesia

oleh Dr. Husin Alatas

Abstrak

Sudah menjadi rahasia umum betapa sangat sulitnya melakukan riset berorientasi produk yang hampir seluruhnya dilakukan di Indonesia. Hal ini disebabkan antara lain oleh keterbatasan infrastruktur dan pendanaan yang memadai, serta relatif buruknya networking di antara perguruan tinggi, lembaga penelitian dan industri. Di pihak lain, riset di bidang teori dan pemodelan masih dapat dikatakan relatif lebih “mudah” dilakukan, semenjak semakin banyaknya akses lewat internet untuk memperoleh artikel ilmiah, diantaranya melalui kontak dengan mahasiswa maupun peneliti Indonesia yang sedang berada di manca negara.

Pada presentasi ini dipaparkan pengalaman dalam melakukan “gerilya” riset dari teori hingga realisasi produk semi-jadi berupa sensor konsentrasi gula berbasis kristal fotonik, melalui kerjasama dengan perusahaan di Indonesia yang juga memiliki sayap usaha di bidang industri manufaktur optik. Selain itu, didiskusikan pula gejala-gejala fisis yang mendasarinya.

Sebagai keluaran dari riset ini, yang dimulai dari tahun 2004, telah dihasilkan beberapa publikasi baik dalam bentuk jurnal maupun prosiding. Disamping itu, yang lebih menggembirakan lagi adalah, prototipe awal telah berhasil didesain dan difabrikasikan, serta telah pula menunjukkan kesesuaiannya dengan teori. Ditengah minimnya dana serta apresiasi, upaya pengembangannya hingga kini masih terus dilakukan karena kami tetap optimis dan percaya bahwa there is always a spotlight at the end of a tunnel.

1 thought on “Undangan Kolokium PPI Delft (KOPI Delft) 6

Leave a Comment