Kick Off Kolokium PPI Delft

oleh: Divisi Kajian Ilmiah

Informasi acara:

Tanggal/Tempat: 7 November 2008/HB 17.150 Gedung EWI
Tema: Berbagi

Berbagi suatu pengetahuan dapat membuahkan kerja sama, tentunya harus diperkuat dengan konsep, komitmen, keterbukaan dan adanya fasilitator.

Berbagi pengalaman profesional dapat dilakukan dengan dengan latar belakang profesi yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Apabila sebuah group dibuat dengan tujuan yang sama namun memiliki latar belakang yang berbeda maka kerja sama dibutuhkan dengan budaya berbagi maka membuka peluang untuk kerjasama. Salah satu cara mengawali berbagi adalah dengan mencari irisan yang sama (dalam bidang akademis misalnya tools/software yang dipakai), berbagi dapat mengefisienkan proses belajar dan menimbulkan ide-ide baru untuk mempertajam riset. Hasil sharing tidak harus dimanfaatkan saat itu saja. Dengan berbagi dan saling percaya maka hasil yang didapatkan bisa menjadi lebih baik.

Konsep berbagi belum ada di Indonesia terutama di bidang akademis, contoh nyatanya dalam mengerjakan suatu proyek instansi biasanya overlapping dengan instansi lain, belum ada budaya yntuk nernagi ide atau fasilitas. Thailand sudah menerapkan proses berbagi dengan membuat pusat research bersama di bidang fisika, apabila ada yang mau melakukan research dan ingin menggunakan alat di pusat penelitian itu maka bisa mendaftarkan penelitiannya lewat website.

Kebiasaan berbagi dapat diawali dengan ‘membanggakan’ hasil penelitian kita, kebiasaan timur biasanya tidak membudayakan untuk membanggakan apa yang telah kita kerjakan. Dalam bidang akademis dimana mata uangnya adalah scientific publication maka hasil karya kita bisa ‘dipamerkan’ dengan tulisan ilmiah, hal ini ditujukan untuk mendapatkan apresiasi publik juga menstimulasi orang lain untuk berkarya yang sama

Ide yang sedang dikembangkan sekarang adalah brain circulation network, ide ini bertujuan agar orang-orang yang mendapatkan pengetahuan di luar negeri (brain gain) dapat membagi ilmu yang didapatkan dengan orang-orang di Indonesia.

2 thoughts on “Kick Off Kolokium PPI Delft

Leave a Comment