Informasi praktis tentang kereta api di Negri Belanda

oleh : Albaqir Alhadar

Kereta api

Kereta merupakan alternatif utama sebagai transportasi untuk mengunjungi kota-kota di Belanda (atau kota-kota di negara tetangga seperti Belgia atau Jerman). Di Delft sendiri, terdapat dua stasiun kereta yaitu Delft Station (stasiun utama) dan Delf-Zuid Station.

Jenis jenis kereta

Ada tiga macam kereta di Belanda, yaitu Intercity, Sneltrein dan Stoptrein. Yang membedakan antara ketiga tipe kereta ini adalah stasiun-stasiun pemberhentiannya. Tidak ada perbedaan kualitas kereta antara Intercity, Sneltrein dan Stoptrein. Tidak seperti perbedaan kualitas kereta di Indonesia. Intercity adalah kereta yang tercepat karena dia hanya berhenti di kota-kota besar saja. Sneltrein berhenti di kota-kota besar dan juga beberapa stasiun di kota-kota kecil, sehingga lebih lambat dari Intercity. Stoptrein adalah kereta yang paling lambat karena kereta ini berhenti disetiap stasiun yang ia lewati.

Delft

Untungnya kota Delft dianggap sebagai salah satu kota yang penting dan strategis (karena banyak nya pelajar di kota ini), sehingga hampir semua kereta pasti berhenti di Kota Delft. Untuk lebih pastinya, sebelum berangkat sebaiknya di cek jadwal-jadwal kereta yang ada. Untuk pengecekan jadwal pasti ada di setiap stasiun. Kereta Belanda, sepengalaman saya sangat tepat waktu. Selain itu, jika ingin merencanakan perjalanan, bisa juga menggunakan website www.92920v.nl agar mengetahui rute/waktu perjalanan yang tepat. Untuk website khusus kereta api,tersedia website khusus yaitu, www.ns.nl

Cara membeli tiket

Untuk itu disediakan alternatif kedua yang jauh lebih praktis yaitu mesin tiket. Mesin ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai stasiun kereta. Mesin ini menyerupai mesin ATM dengan warna Biru/Kuning dan logo NS (Nederlandse Spoorwegen), yaitu perusahaan kereta api di Belanda. Untuk menggunakan mesin ini, kita bisa menggunakan kartu ATM atau koin. Semua mahasiswa akan diberikan kartu ATM ini oleh Bank yang dirujuk oleh universitas Untuk simulasi penggunaan mesin ini, bisa dilihat di link berikut http://ppidelft.net/index.php?option=com_weblinks&catid=30&Itemid=23

Jenis tiket

Jenis tiket yang terdapat yaitu Single/Enkele Reis (satu arah), Day Return/Dagretour (bolak-balik) dan Weekend-retour (Kartu akhir pekan). Untuk Single hanya berlaku satu arah. Untuk Day Return, tiket kereta berlaku untuk satu hari, dan bisa dipergunakan sebanyak mungkin asal masih dalam hari dan trayek yang sama . Dan untuk Weekend Return, tiket kereta berlaku mulai dari Jumat malam hingga hari Minggu, pulang pergi, dan bisa dipergunakan sebanyak mungkin asal masih dalam hari – hari dan trayek yang sama

Harga tiket

Untuk harga tiket, terdapat dua tipe. tipe yang pertama adalah Full price, dimana kita membayar harga full. Yang kedua adalah Discount price dimana kita membayar tiket dengan potongan harga 40%. Untuk mendapatkan harga diskon ini, kita harus membeli Discount card (Korting kaart) di loket stasiun seharga 50-55 euro. Discount card ini berlaku untuk satu tahun dan 1 Discount card bisa digunakan untuk 4 orang, dengan syarat pemegang kartu harus termasuk.

Validasi tiket

Untuk validasi tiket ada dua pilihan. yang pertama adalah Valid Today (vaandag geldig), yaitu tiket hanya berlaku di hari pembelian. Pilihan kedua adalah Open Ticket, yaitu ticket dapat digunakan di hari selain hari pembelian. Tapi untuk Open ticket ini, kita harus menstempel sendiri di mesin yang tersedia di peron seandainnya tiket tersebut mau dipergunakan.

Pemeriksaan

Di dalam kereta juga ada pemeriksaan tiket yang bersifat random. Untuk itu siapkanlah tiket anda dan discount card jika anda membeli tiket dengan discount price. Tiket yang Open Date juga harus distempel sebelum naik ke kereta. Jika anda ternyata tidak membawa tiket/tidak distempel, maka, jika anda sial, bertemu dengan pemeriksa karcis, anda dapat di denda sekitar 37 euro.

Pintu kereta

oh iya, kereta di Belanda tidak terbuka secara otomatis pintunya. Jika tidak ada yang menekan tombol,maka pintu tidak akan terbuka.

1 thought on “Informasi praktis tentang kereta api di Negri Belanda

Leave a Comment