Lumpia Semarang di Xotus & Fat kee

oleh: Marwan Wirianto

Lumpia Semarang ( Xotus)

Siapa sih yang tidak kenal Lunpia (Lumpia). Yup, makanan khas Semarang ini, memang asik disantap pas cuaca dingin ditemani dengan secangkir kopi atau teh di sore hari. Kalau kita ada di tanah air, tentu tidak akan sulit untuk memperolehnya. Namun bagaimana kalau kita sedang ada di Delft.

Kalau memang bisa membuatnya, tentu akan menyenangkan. Tapi kita juga bisa dengan membelinya. Tertarik mencoba? Satu tempat yang saya tahu menjual lunpia ini, ada di sekitas Xotus. Dengan harga 1,5 euro untuk satu potong, kita sudah bisa mengobati kekangenan lunpia tanah air. Enak dan gurih, kesan pertama saya yang muncul ketika mencobanya lengkap dengan sambal gula. Potongan rebung, wortel dan daging cincangnya begitu terasa di lidah. Tidak seperti lunpia semarang biasanya, kita dapat memilih 2 buah saus sebagai temannya. Ada saus semacam sambal bangkok dan ada juga sambal gula ala rujak. Saya memilih sambal gula karena tampak luarnya mirip dengan sambal rujak. Namun saya agak sedikit kecewa ketika ternyata sambal ini tidak sepedas sambal rujak dugaan saya.

Kios ini buka di bagian belakang Xotus. Namun kadang juga di hari sabtu, mereka memiliki kios kecil tepat di pintu masuk Xotus. Selain lunpia, kita juga bisa mendapatkan macam-macam makanan khas Indonesia lainnya seperti cendol dan sate ayam. Ada satu hal yang membuat saya suka jajan di sana kalau sedang belanja di Xotus adalah ternyata penjualnya juga orang Indonesia. Hehehe.

Selamat mencoba.

Restaurant Fat kee ( Den haag)

Alamat :
Gedempte gracht 23. 2512 AK Den haag
Dibelakang gedung Bijenkorf  Den haag

Deskripsi:

Fat kee adalah salah satu restaurant cina terpopuler di regio Den haag. Restaurant ini sangat beken pula bagi pelajar Indonesia. Fat kee menawarkan variasi menu menu ala Chinese seperti chop coi, fu yung hai dan puluhan menu lainnya. Untuk masalah rasa, bolehlah Fat kee dicoba, cukup pas bagi lidah Indonesia yang diyan spicy – hot dan gurih. Kami merekomendasikan ayam goreng kering pedas ( Kip krokant ) untuk dicoba bagi teman – teman yang baru pertama kali mencoba masakan di kedai makan ini

Harga:
Harga cukup terjangkau bagi kantong pelajar. 8 euro per orang, sudah cukup kenyang.

Selamat mencoba

Leave a Comment