Transportasi di Delft (Belanda)

oleh: Selly Setiaty

Beberapa alternatif alat transportasi di Belanda pada umumnya dan Delft pada khususnya.

Bersepeda ria

Belanda itu dikenal sebagai negara dengan populasi kepadatan sepeda/penduduknya terbesar di dunia. Jadi tidak heran kalau kita melihat jumlah sepeda lebih banyak daripada jumlah mobil. Pemandangan tempat parkir sepeda yang berjejer dan berdesak-desakan juga pasti sering dijumpai di sini.

Sepertinya sepeda itu adalah kendaraan yang wajib kita miliki. Berjalan-jalan di dalam kota Delft paling nyaman dengan mengendarai sepeda. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, tiba di tempat tujuan dengan cepat dan berolahraga gratis. Kekurangannya, hati-hati saja kalau ada angin kencang atau salju (seperti bulan Januari 2007), dijamin hanya orang-orang yang mempunyai kepiawaian dalam menantang angin yang bisa bertahan.

Kalau kita belum bisa mengendarai sepeda, tidak perlu malu. Banyak juga orang-orang dewasa di sini yang belum bisa bersepeda. Oleh karena itu di Belanda ada juga sekolah mengendarai sepeda. Seperti sekolah menyetir mobil, tapi ini khusus untuk sepeda. Kalau mau tau lebih lanjut, coba klik ini www.wielerschool.nl.

Untuk mencari sepeda, ada banyak toko yang bisa kita kunjungi, tergantung kita mau beli sepeda baru atau bekas. Oh ya, kalau beruntung, kita bisa mendapat sepeda warisan dari pelajar yang sudah selesai masa studinya dan ingin kembali ke Indonesia. Toko-toko sepeda yang bisa dikunjungi :

1. Mexicohof (belakang stasiun Delft) dan di Recycle Delft (van Bleyswijckstraat 79, 2613RR Delft, 015-2131464). Kedua-duanya khusus menjual sepeda bekas.

2.   Wijtman Tweewielers (www.wijtman.nl).

3.    ANWB (www.anwb.nl).

4.   Halfords (www.halfords.nl).

5.  Koos Cloosterman Delft (Schrobbelaarstraat 34, 2613ML Delft, 015-2145056). Bengkel sepeda yang juga menjual sepeda bekas. Sepeda-sepeda yang dijual disini dapat dilihat di http://www.cloostermanfiets.nl.

Kita juga harus mentaati aturan-aturan bersepeda. Contohnya : Mengendarai sepeda tetap pada lajur sepeda dan jangan lupa menyalakan lampu sepeda (lampu depan dan belakang) jika hari mulai gelap. Lampu yang digunakan juga tidak musti lampu di sepeda. Kita bisa saja membeli lampu tambahan, dan kita pasang di punggung (kerah baju) dan di depan. Harga lampu ini kira-kira 5 euro. Denda kalau tidak pakai lampu sebesar 20 Euro.

Satu hal yang wajib ditekankan ketika membeli sepeda adalah kualitas gembok sepeda yang digunakan. Pencurian sepeda di Belanda sudah sangat umum, jadi sangat disarankan untuk membeli gembok sepeda yang kualitas nya bagus, seperti gembok dengan rantai yang besar. Karena umumnya, gembok-gembok dengan rantai yang tipis akan sangat mudah digunting. Harga gembok yang bagus kira-kira 8 euro – 15 euro.

Bus dan Tram

Kalau bosan naik sepeda, bisa juga sekali-kali merasakan naik bus atau tram. Masuk bus dengan teratur, tidak berdesak-desakan, tidak ada copet dan jadwal keberangkatan bus/tram yang jelas membuat kita nyaman untuk berkendaraan umum di negeri Belanda.

Sistem pembayaran bus/tram menggunakan alat yang namanya strippenkaart. Sesaat sebelum naik bus/tram, kita harus megang kartu seperti yang ada di bawah ini. Harga 1 kartu yang isinya 15 strippen sekitar 6,7 euro, sedangkan yang isinya 45 strippen harganya 19,8 eur. Strippenkaart dapat dibeli di Kiosk di stasiun, kantor pos, mesin automat di supermarket atau di gerai Connection di stasiun bus. Tapi, jika kita tidak punya strippenkaart, kita juga bisa membeli karcis satu kali jalan atau dalkaartje yang dapat di supir bis.

Strippenkaart

Bagaimana menggunakan strippenkaart?

Sistem harga transportasi di Belanda menggunakan zona. Contohnya : kalau kita keliling-keliling dalam kota Delft, berarti kita masih berada dalam 1 zona. Kalau kita mau pergi ke Denhaag dari Delft, berarti kita melewati 3 zona (yaitu Delft + Rijswijk + Denhaag). Sekali naik bis/tram dalam satu zona, berarti kita harus menstempel 2 strippen/kolom. Rumusnya : n + 1 (dimana n = jumlah zona). Satu lembar strippenkaart bisa dipakai lebih dari 1 orang. Zona , bisa dilihat di peta di bawah ini. Di sampingnya ada tabel batas waktu berlakunya 1 kali stempel. Masa berlaku ini juga bisa digunakan ketika kita pindah dari Trem ke Bis atau sebaliknya.

Jumlah strippen Batas waktu berlakunya
2 s/d 4 strip 1 jam
5 s/d 7 strip 1,5 jam
8 s/d 10 strip 2 jam
11 s/d 16 strip 3 jam
17 s/d 20 strip 3,5 jam

Contoh perhitungan Zona

Kalau kita lebih sering menggunakan bus/tram sebagai alat transportasi, lebih baik kita membuat abonemen bus/tram. Jatuhnya lebih murah daripada harus menggunakan strippenkaart setiap kali naik. Cek harga abonemen bisa dilihat di www.vbn-bv.nl. Jadwal Tram dan Bus dapat dilihat di : www.reiziger.connexxion.nl atau www.9292ov.nl. Tram yang beroperasi di Delft : Tram 1, jurusan Tanthoff, Delft – Scheveningen, Den-Haag.

PS : Jangan sekali-kali mencoba naik tram/bus tetapi tidak bayar, karena sering ada controler yang memeriksa. Kalau ketahuan, bisa kena denda sekitar 37 Euro.

Mobil Pribadi

Punya mobil pribadi di Delft juga sah-sah saja. Sayangnya, SIM Indonesia tidak berlaku di sini. Yang artinya kita harus siap-siap mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM Belanda (Rijbewijs). Walaupun kita sudah terbiasa mengendarai mobil di Indonesia, tetep saja kita harus mengikuti sekolah nyetir di sini, ambil pelajaran minimal 40 jam. Mengapa? Karena selain kita diajarkan teknik-teknik menyetir yang baik, kita juga diberi tahu peraturan-peraturan lalu lintas di Belanda, yang notabene sangat berbeda dengan di Indonesia, apalagi di Belanda menggunakan stir kiri. Setelah kita merasa siap, kita dipersilakan untuk mengikuti ujian teori dan praktik. Kalau beruntung, bisa lulus dalam 1 kali ujian. Sebagai info, biaya sekolah menyetir (plus ujian teori dan praktik) lebih mahal daripada harga 1 mobil bekas layak pakai.

Di bawah ini adalah daftar sekolah menyetir mobil di Delft:

1.    Rijschool Delft (www.rijscholen-delft.nl)

2.    Verkeerschool JAN (www.rijschool-jan.com)

3.    www.rollerbank.nl

Satu lagi yang harus diperhatikan kalau punya mobil di Belanda, harga bahan bakar dan parkir mobil/ jamnya relatif mahal.

1 thought on “Transportasi di Delft (Belanda)

  1. Wah br liat tulisannya.. bagus.. salut tuk K.Selly! 😀 oya, tambahan lg tuk yg ingin py mobil, pengeluaran yg tsb-kan diatas blm termasuk pluz Pajak dan biaya Asuransi yg wajib dibayar.. 🙂

Leave a Comment