Tempat Tinggal di Delft

oleh: Selly Setiaty

Mencari tempat tinggal di Delft termasuk yang paling susah. Mahasiswa dari berbagai negara berdatangan ke kota sekecil ini. Kalau mau cari tempat tinggal, biasanya kita hubungi suatu organisasi yang mengurusi student housing, namanya DUWO (www.duwo.nl). Kalau beruntung, biasanya mahasiswa yang baru datang ditampung di apartemen mahasiswa di Roland Holstlaan atau Spacebox/Container.

Roland Hostlaan Spacebox/Container
Strategis, dekat pusat perbelanjaan, mudah diakses Lokasi Jauh dari pusat perbelanjaan, terletak di lingkungan kampus
10 menit bersepeda Jarak ke kampus Karena di dalam kampus, jadi bisa jalan kaki
Lebih besar sedikit Luas kamar Lebih kecil
Kulkas tidak ada freezer Fasilitas Kulkas ada freezer
370 Euro/bulan BIaya Sewa Kamar

(kamar 1 orang)

360 euro/bulan

Kalau mau cari rumah via internet, kita bisa daftar di woonnet-haaglanden (www.woonnet-haaglanden.nl) dengan membayar iuran anggota sebesar 10 euro/tahun. Sistemnya, kita reaksi 2 rumah setiap minggunya. Sistem ini menggunakan sistem rangking, jadi yang menduduki rangking pertamalah yang berhak atas rumah itu. Rumah-rumah yang ditawarkan di woonnet-haaglanden itu biasanya merupakan rumah pemerintah (government housing) dengan harga yang relatif murah.

Kalau memang sudah rajin reaksi tapi belum beruntung, dan kebutuhan tempat tinggal sudah mendesak, terpaksa menggunakan jasa makelar. Daftar makelar di Delft ada di sini www.makelaars-gids.nl/Delft. Biaya komisi untuk makelaar biasanya satu kali harga sewa rumah plus kurang lebih 19% VAT.

Leave a Comment