Rubrik PhD/Pekerja di Delft

oleh: Selly Setiaty

PhD di Belanda ada dua jenis. Masing-masing PhD lamanya 4 tahun. Yang pertama, PhD yang berstatus sebagai student (dana PhD berupa beasiswa, baik dari universitas, pemerintah Belanda, maupun sumber-sumber lainnya). Jenis kedua, PhD dengan status sebagai employee. Untuk melamar posisi PhD tersebut dilakukan proses penseleksian dan serangkaian wawancara layaknya melamar pekerjaan. Posisi PhD yang ditawarkan dapat dilihat di www.academictransfer.org atau website masing-masing universitas.

Oleh karena statusnya sebagai pekerja/employee, dana PhD diberikan dalam bentuk gaji setiap bulan dengan dipotong pajak. Pajak pendapatan di Belanda termasuk yang paling besar di dunia, tergantung dari jenis pekerjaan. Untuk PhD sendiri, pajak pendapatan minimal 30 %. Timbal baliknya, PhD juga mendapatkan fasilitas-fasilitas yang disamakan dengan employee lain yang bekerja di suatu perusahaan/instansi, seperti uang transport, uang bensin dan parkir (jika menggunakan mobil), bonus akhir tahun, uang liburan musim panas, dsb. Status ini juga memungkinkan seorang suami untuk membawa serta keluarganya sampai kontrak pekerjaan itu habis.

PENGURUSAN IJIN TINGGAL SEMENTARA (MVV)
Mereka yang ingin tinggal di Negeri Belanda lebih lama dari 3 bulan dipersilahkan mengirimkan aplikasi permohonan Izin Tinggal Sementara (MVV). Langkah-langkah yang harus ditempuh adalah:

1.    Siapkan dokumen-dokumen :

  • Akta kelahiran (Suami, Istri, Anak), tahun dikeluarkan akta kelahiran paling lama 5 tahun sebelum keberangkatan. Kalau tidak ada, minta lagi di Dinas Kependudukan tempat kelahiran.
  • Akta/buku nikah yang dilegalisir oleh pejabat KUA tempat nikah.
  • Surat keterangan nikah (BUKAN AKTA NIKAH). Surat keterangan nikah berupa satu lembar surat yang menerangkan tentang suami dan istri, dan dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan tempat nikah.
  • Paspor (Suami, Istri, Anak), yang masih akan berlaku sekurang-kurangnya 3 bulan setelah masa kunjungan sah ke wilayah Schengen berakhir.
  • Surat kontrak kerja
  • Slip gaji (Suami yang telah tinggal duluan. Untuk dapat membawa keluarga, gaji minimal adalah 1200 Euro/bulan setelah dipotong pajak.)

2.    Akta nikah dan surat keterangan nikah dilegalisir oleh Departemen Agama.

3.    Akta nikah, surat keterangan nikah, dan akta kelahiran dilegalisir oleh Departemen Hukum dan Perundang Undangan.

4.    Akta nikah, surat keterangan nikah, dan akta kelahiran dilegalisir oleh Departemen Luar Negeri.

5.    Kemudian ketiga-tiganya dibawa ke Kedutaan Belanda untuk dilegalisir.

6.    Setelah dilegalisir, dokumen tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Belanda oleh penterjemah tersumpah yang telah dipilih oleh Kedutaan Belanda.

7.    Terjemahan bahasa Belanda dilegalisir kembali oleh Kedutaan Belanda.

8.    Setelah selesai, ketiga dokumen ditambah dengan fotokopi paspor, surat kontrak kerja dan slip gaji dikirim ke IND (Immigratie- en Naturalisatiedienst). Pengiriman dokumen bisa melalui internet dengan cara semua dokumen di- scan, kemudian dikirim via email dalam bentuk PDF.

9.    Jika disetujui oleh IND, kita akan mendapat surat panggilan untuk mengurus Visa Belanda.

10.  Untuk pengurusan Visa, harap membuat janji melalui telepon 021-5271904 dengan menyebutkan nama, nomor telepon dan nomor paspor.

11.  Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Visa :

(i)formulir  permohonan Visa (tidak bisa diunduh),

(ii) jadwal/lembar perjalanan,

(iii) pasfoto baru berwarna 4 x 6 cm,

(iv) paspor,

(v) fotokopi halama data pribadi  dari paspor Anda,

(vi) print-out booking tiket,

(vii) bukti sponsor di Belanda

12.  Ada dua pilihan Visa :

Visa D + C (kombinasi)

Visa keluar 7 hari setelah berkas permohonan Visa masuk. Berlaku 90 hari, berlaku di seluruh daerah Schengen, dengan syarat menyertakan bukti asuransi perjalanan sebesar 30.000 Euro.

Visa D

Visa keluar 24 jam setelah berkas permohonan Visa masuk. Single-entry, hanya berlaku di Belanda, dan harus segera lapor 3 x 24 jam setelah menginjakkan kaki di Schiphol. Visa ini tidak perlu ada bukti asuransi perjalanan.

Biaya-biaya

Perbaharui Akta kelahiran : Rp. 50.000,- (Seharusnya gratis)

Pembuatan Surat Keterangan Nikah : Tergantung (Seharusnya gratis)

Departemen Agama : Seikhlasnya

Departemen Hukum & Perundang-Undangan : Rp. 5.000,-/dokumen

Departemen Luar Negeri : Rp. 10.000,-/dokumen

Kedutaan Belanda : 35 Euro (Rp. 305.500,-)/dokumen

Penterjemah Tersumpah : Rp. 55.000,-/halaman

Daftar Penterjemah Tersumpah dan Jasa Pengurusan Visa

  • Edi Yati Kamil
  • Jl. Dr. Sahardjo No. 39, Jakarta Selatan. Telp: 021-8306319
  • Syahrial Halim
  • Jl. Raya Kelapa Nias Blok LC1/3, Jakarta Utara. Telp: 021-4501844
  • Ilse Sadinoch
  • Jl. Depnaker 3, Jakarta Timur. Telp: 021-8097750

HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH TIBA DI BELANDA

  1. Segera lapor HRD Office yang merekrut anda.
  2. Pemeriksaan/rontgen TBC di GGD (Crommelinplein 1, 2627AD Delft)

    www.ggdzhw.nl , Tel: 079 3430888.

  3. Pembuatan surat ijin kerja di kantor IND (Sir Winston Churchilllaan 293. 2288DC Rijswijk) www.ind.nl
  4. Pembuatan SOFI nummer di kantor pajak/Belasting dienst (kantor Belasting depan Stasiun Den Haag HS) www.belastingdienst.nl.
  5. Lapor diri di Gemeente Delft (Phoenixstraat 16, 2600ME Delft) www.gemeentedelft.info.
  6. Buka rekening bank.

SUBSIDI-SUBSIDI

Bagi mereka yang kerja dan membayar pajak di Belanda, bisa mendapatkan keringanan-keringanan.

Subsidi bagi istri yang tidak bekerja:  Kunjungi www.belastingdienst.nl. Download formulir voorlopige teruggaaf.

Subsidi sewa rumah (huurtoeslag) (Hanya berlaku untuk rumah pemerintah): Kunjungi www.toeslagen.nl. Download formulir huurtoeslag.Subsidi kesehatan (zorgtoeslag): Kunjungi www.toeslagen.nl. Download formulir zorgtoeslag.

Subsidi anak (kinderopvangtoeslag). Khusus untuk anak-anak yang lahir di Belanda :Kunjungi www.toeslagen.nl. Download formulir kinderopvangtoeslag.

Formulir-formulir tersebut dapat diisi langsung dan dikirim via internet. Untuk tandatangannya, kita bisa download digiD system, kode dikirim via HP. Sayangnya semua formulir dalam bahasa Belanda dan tidak ada terjemahan Bahasa Inggris. Besarnya subsidi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari besarnya pendapatan, ada/tidaknya tanggungan keluarga, besarnya pajak yang dibayarkan, dll.

4 thoughts on “Rubrik PhD/Pekerja di Delft

  1. Halo, saya mau tanya lebih lanjut untuk yang statusnya “PhD student” apakah berarti dianggap tidak menerima gaji, tidak terkena pajak (pendapatan lebih rendah dari minimum penghasilan kena pajak) dan dengan begitu tidak bisa mendapatkan subsidi2 tadi? Apakah saya bisa tanya lebih lanjut via japri? Thanks for the valuable info!

Leave a Comment