Belanja Kebutuhan Sehari-hari

oleh: Selly Setiaty

Hal vital yang harus kita tahu untuk menyabung hidup di Delft. Toko-toko di Belanda hanya buka dari hari Senin-Sabtu (09.00 – 17.00), kecuali ada beberapa supermarket yang selalu buka setiap hari minggu siang. di Delft, setiap hari Jumat ada koopavond, yaitu toko buka sampai jam 21.00. Diskon besar-besaran diselenggarakan empat kali dalam setahun yaitu pada akhir pergantian musim ( Agustus , November, Januari dan Maret).

Ada beberapa tempat untuk beli kebutuhan sehari-hari :

1.Supermarket

Supermarket di Delft tidak sebanyak supermarket di Indonesia. Pastinya, di sini kita tidak pernah menemukan Carrefour atau Giant atau supermarket-supermarket besar lainnya. Sejauh ini, supermarket favorit adalah Albert Heijn (AH) dan C1000. Ada juga supermarket kayak ALDI, LIDL, Plus, dan Hoogvliet. Sekedar info, harga menentukan kualitas. AH termasuk supermarket yang paling mahal dibandingkan dengan yang lain, tapi kualitas barang paling bagus. Kalau cari sayur atau buah, memang paling segar ada di AH. C1000 harganya standar, kualitasnya sedang-sedang saja. Kalau LIDL dan ALDI menjual barang-barang bermerek tidak popular. Kalau mau irit dan tidak mementingkan kualitas, disarankan berbelanja di ALDI atau LIDL.

2.    Market

Di Belanda tidak ada pasar? Kata siapa!!!! Jelas ada. Model pasarnya sama seperti di Indonesia, bedanya lebih rapi dan bersih. Barang-barang yang dijual antara lain sayur-mayur, buah, keju, ikan segar, kue-kue kecil, bunga, pakaian, sampai perkakas sepeda. Pasar tidak buka setiap hari, hanya hari-hari tertentu. Pasar di Centrum Delft hanya buka hari Kamis dan Sabtu (10.00-16.00) sedangkan pasar di Hoven Passage Delft buka setiap hari selasa (10.00-15.00). Barang-barang di Pasar dijual dengan harga murah, terkadang ada barang yang boleh kita tawar.

3.    Toko Asia

Kita tidak usah cemas kalau ingin memasak masakan Indonesia. Semua bumbu dan bahan-bahan tersedia di Belanda. Dari beras, bumbu-bumbu jadi, bumbu-bumbu mentah, dedaunan, sampai pete pun ada di Xotus. Kalau sedang malas memasak, cukup beli Indomie satu dus. Harga Indomie dus adalah 7,5 euro sampai 9,5 euro, tergantung rasa. Xotus terletak di kawasan utara Delft dan untuk menuju ke sana bisa dengan sepeda, atau bus no. 62 dari stasiun Delft turun di Tweemolentjeskade. Jam buka Xotus : Senin – Sabtu (9.00 – 18.00), kecuali Jumat s/d 21.00. Hari minggu ke-1 setiap bulannya, buka jam 11.00 – 17.00. Kunjungi aja www.xotus.nl.

Selain Xotus, ada juga toko Indonesia yang bernama “Toko Ramee” (www.tokoramee.com). Letaknya di depan pertokoan In De Hoven. Tempat ini dilewati Tram 1 atau Bus no 82 (turun di Hoven Passage)

4.    Toko Daging Halal

Bagi yang muslim, daging ayam/sapi/kambing yang halal bisa diperoleh di Islamitische Slagerij (tempat pemotongan hewan islami). Ada 3 tempat yang biasanya dikunjungi, yaitu Tanger, Polat, dan Venus. Ketiga-tiganya terletak di dekat kawasan pertokoan In De Hoven, di Papsouwselaan. Naik Tram 1 atau Bus no 82 (turun di Hoven Passage).

5.    Toko Elektronik

Untuk mencari alat-alat elektronik (dari komputer sampai mesin cuci) kita bisa datang ke Media Markt (www.mediamarkt.nl).  Sayangnya di Delft tidak ada, paling dekat ada di Den Haag atau Rotterdam. Media markt itu seperti Electronic City di Jakarta. Selain Media Markt, ada juga toko elektronik yang namanya BCC dan ITS (www.itsonline.nl). Kedua-duanya terletak di Centrum Delft. Di saat bulan-bulan promosi atau aanbieding, barang-barang elektronik banyak dijual dengan harga diskon.

6.    Toko Kebutuhan Rumah Tangga dan Furniture

Cari alat-alat masak, alat-alat makan, kursi, sofa, lemari, tempat tidur? Coba jalan-jalan ke IKEA (www.ikea.nl). Cukup naik bus no 80/82 dari stasiun Delft, dan langsung turun di depan IKEA persis. Barang-barang rumah tangga juga dijual di kompleks toko bangunan yang namanya woonboulevard. Coba klik www.woonboulevardleeuwenstein.nl. Di sana ada GAMMA, KWANTUM, HACO, ROOBOL, dll. Tinggal pilih aja sesuai dengan keperluan.

7.    Toko Barang Bekas

Namanya saja barang bekas, tapi kondisinya hampir 100 persen masih bagus. Di Delft ada beberapa toko barang bekas/second, antara lain:

a). Rotterdamseweg 404, phone: (015) 25 63 838
b)  Nieuwe Langendijk 60-64
c)  Giststraat 4
d)  Yperstraat 4

Untuk lebih jelasnya, liat di sini : www.kringloopdelft.nl atau www.2dehands.nl.

Leave a Comment