Belajar di Delft

oleh: Selly Setiaty

Delft adalah kota pelajar di Belanda yang memiliki tiga Institusi pendidikan ternama yaitu TU Delft, Unesco-IHE dan Inholland Hogeschool.

A. TU Delft

TUDelft merupakan universitas di bidang teknik yang tertua dan terbesar di  Belanda.  Cikal bakal didirikannya TUDelft bermula dari pembentukan “Royal Academy for the education of civilian engineer” oleh Raja Willem II pada tanggal 2 Januari 1842. Tujuan pendirian sekolah ini adalah untuk mencetak teknisi-teknisi yang handal baik untuk keperluan negara maupun industri. Setelah berganti nama dua kali, akhirnya pada tanggal 1 September 1986, ditetapkan suatu konsensus untuk merubah nama “Institute of Technology” menjadi “Delft University of Technology”, yang juga dikenal dengan ‘TUDelft’.

Menurut data Times Higher Education Supplement (THES) World Universitas Rankings tahun 2005, TU Delft menduduki peringkat 15 di antara top 50 Universities of Technology. Universitas ini terdiri dari 13,000 mahasiswa dan 2100 staf akademis (termasuk Professor). TU Delft  menawarkan program-program studi S1 (3tahun), S2 (2 tahun), dan S3 (4 tahun). Program studi S1 diajarkan dalam bahasa Belanda kecuali bidang studi Teknik Penerbangan (Aerospace Engineering) dalam bahasa Belanda dan Inggris, sedangkan program studi S2 dan S3 diajarkan dalam bahasa Inggris. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.tudelft.nl (undergraduate programmes dan master/other postgraduates programmes).

TU Delft memiliki 8 fakultas yaitu :

1.    Fakultas Arsitektur (Bouwkunde) (www.bk.tudelft.nl)

2.    Fakultas Teknik Sipil dan Geosains (Civiele Techniek en Geowetenschappen) (www.citg.tudelft.nl)

3.    Fakultas Teknik Elektro, Matematika dan Ilmu Komputer(Elektrotechniek, Wiskunde en Informatica) (www.ewi.tudelft.nl)

4.    Fakultas Desain Industri (Industrieel Ontwerpen) (www.io.tudelft.nl)

5.    Fakultas Teknik Penerbangan (Luchtvaart- en Ruimtevaarttetechniek) (www.lr.tudelft.nl)

6.    Fakultas Teknologi, Kebijakan dan Manajemen (Techniek, Bestuur en Management) (www.tbm.tudelft.nl)

7.    Fakultas Sains Terapan (Technische Natuurwetenschappen) (www.tnw.tudelft.nl)

8.    Fakultas Teknik Mesin, Maritim dan Material (Werktuigbouwkunde, Maritieme Techniek en Technische Materiaalwetenschappen) (www.3me.tudelft.nl)

B. UNESCO-IHE

UNESCO-IHE adalah sebuah institusi international, berbasis di Delft, yang didirikan pada tahun 2003. Institusi ini dibangun atas kerjasama UNESCO dengan Pemerintah Belanda. UNESCO-IHE merupakan institut terbesar di dunia yang memfasilitasi pendidikan tentang perairan, dan satu-satunya institusi yang mengeluarkan ijazah MSc terakreditasi dan diautorisasi oleh PBB. UNESCO-IHE adalah sebuah sarana untuk memperkuat usaha-usaha universitas-universitas lainnya dan pusat-pusat riset dalam hal meningkatkan dan mengembangkan studi dan keterampilan dalam sektor perairan

UNESCO-IHE terbagi dalam 5 departemen :

1.    Departemen Teknik Perairan

2.  Departemen Sumber Daya Lingkungan

3.  Departemen Manajemen dan Institusi

4.    Departemen Sanitasi dan Perairan Perkotaan

5.  Departemen Hidroinformatika dan Manajemen Ilmu Pengetahuan

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.unesco-ihe.org.

C. INHOLLAND HOGESCHOOL DELFT

Hogeschool (Sekolah Tinggi) di Belanda biasanya diutamakan untuk profesional (profesional-based). Oleh karena dipersiapkan khusus untuk masuk lapangan kerja setelah lulus, biasanya alumni sekolah ini banyak dicari oleh perusahaan atau institusi, baik yang bergerak di bidang industri, pendidikan maupun kesehatan. Di kota Delft, terdapat satu Hogeschool yaitu Hogeschool Inholland.

Program-program yang ditawarkan oleh Hogeschool Inholland untuk studi S1 (Bachelor/HBO) antar lain :

1.    Ekonomi dan Manajemen

2.    Lingkungan, Ilmu Alam dan Pangan

3.    Teknik, Logistik dan Informatika

4.    Keperawatan

Sedangkan untuk program S2 (Master/MBO) ditawarkan :

1.    Advanced Nursing Practice

2.    Physician Assistant

3.    Science Medical Imaging

4.    Science Radiation Oncology

5.    Design Management

6.    Education

Selain itu, Hogeschool InHolland Delft juga membuka kursus-kursus dan pelatihan-pelatihan. Untuk info lebih lanjut, bisa dilihat di www.inholland.nl/Delft/


Leave a Comment