Subsidi Kesehatan dari Kerajaan Belanda

oleh: Anggara Rhabenta

Sejak tahun 2006, Kerajaan Belanda memberikan subsidi kesehatan bagi seluruh pengguna jasa asuransi reguler. Salah satu contoh perusahaan asuransi regular di Kerajaan Belanda adalah Alianz insurance, IZA insurance ( Delft ), Appeldoorn  dan lain lain. Subsidi ini tidak berlaku bagi pengguna asuransi IPS.  Besar maksimal subsidi tersebut untuk tahun 2007 adalah 34 euro per bulan per orang yang dimana setiap tahun nilai tersebut akan disesuaikan dengan nilai inflasi di Belanda dan situasi pendaptan yang bersangkuta. Subsidi ini akan dibayar oleh dinas pajak Kerajaan Belanda ke rekening pemilik nomor induk pajak ( sofi number ) setiap bulannya.

Prosedur

Untuk mendapatkan subsidi ini, penguna jasa asuransi diwajibkan untuk memiliki soffi number ( nomor induk pajak pribadi). Setiap pemegang student temporary residence permits memiliki soffi number. Biasannya sofi number terdiri atas 9 digit. Setiap tahunnya, dinas pajak akan mengirim satu paket formulir yang harus diisi oleh pemlik ijin tinggal tersebut. Biasanya, isi dari paket formulir ini adalah mengenai keterangan situasi dan kondisi pendapatan yang bersangkutan. Seandainnya anda belum mendapatkan formulir tersebut silahkan buka website http://www.toeslagen.nl/particulier/zorgtoeslag2007/zorgtoeslag2007-15.html#P164_17471

Klik di downloaden dan zorgtoeslag.

Dinas pajak Kerajaan Belanda akan menilai situasi pendaptan anda. Berdasarkan penilaian ini, dinas pajak Kerajaan Belanda akan menentukan besar subsidi yang akan diterima oleh pemilik sofi number tersebut.
Untuk informasi mengenai sofi number anda bisa bertanya ke kantor walikota kota Delft.

Persyaratan

Di bawah ini adalah syarat untuk mendapatkan subsidi kesehatan dari Kerajaan Belanda
– Anda berusia diatas 18 tahun
– Anda pemegang polis perusahaan asuransi regular Belanda (Nederlandse zorgverzekering)
– Pendapatan anda tidak tinggi atau anda tidak mempunyai pendapatan sama sekali

Premi asuransi reguler di Kerajaan Belanda

Belanda memiliki banyak perusahaan asuransi. Harga premi dibagi atas beberapa kategori. Kategori terendah memiliki cakupan antara lain pelayanan dokter umum, dokter spesialis dan orthopedic. Namun kategori asuransi yang lebih tinggi biasannya cakupannya ditambah oleh pelayanan dokter gigi dan fisioterapi. Namun, beberapa perusahaan asuransi di Belanda tidak menanggung pelayanan dokter gigi secara 100%.  Premi dari kategori terendah adalah berkisar antara 55 euro s/d 80 euro per bulan. Sementara premi dari kategori yang lebih tinggi adalah berkisar antara 85 euro s/d 120 euro / bulan. Selamat mencoba!

2 thoughts on “Subsidi Kesehatan dari Kerajaan Belanda

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai perpajakan, perpajakan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan negara ini.
    Negara yang maju dapat dilihat dari sitem perpajakan di negaranya.
    Saya juga mempunyai link perpajakan yang mungkin dapat bermanfaat, silahkan kunjungi Komunitas Pajak Universitas Gunadarma

Leave a Comment